News

Moeldoko Turun Gunung Cek Masa Transisi Pengambilalihan Pengelolaan TMII

Anas Baidowi - 12/04/2021 16:48
Moeldoko saat mengunjungi TMII

Beritacenter.COM - Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengunjungi Taman MIni Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Kunjungan ini untuk melihat situasi TMII setelah negara mengambil alih pengelolaannya dari tangan Yayasan Harapan KIta.

Berdasarkan pantauan tim Beritacenter.COM, Moeldoko beserta rombongannya tiba di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Jakarta, Senin (12/4), pukul 13.40 WIB).

Setelah tiba, Moeldoko pun berkeliling TMII. Ia sempat mengunjungi Taman Flora Fauna, lalu melintasi kawasan Tionghoa. Kemudian, Moeldoko dan rombongan makan siang di Desa Wisata.

"Hari ini saya meninjau ke lokasi TMII, sesuai dengan arahan dari Perpres Nomor 19 Tahun 2021 tentang transisi pengelolaan TMII, jadi apa yang saya lihat dan teman-teman saksikan bersama, pemerintah menyiapkan waktu 3 bulan untuk transisi ini dan ini sudah dimulai," ujar Moeldoko di TMII, Jakarta, Senin (12/4/2021).

Baca juga: 

Moeldoko menyebut, pihak TMII telah menyiapkan masa transisi yang diharapkan akan berjalan dengan lancar.

"Semua harus dijalankan secara transparan sehingga pengelolaannya menjadi lebih mudah. Kita menyiapkan BUMN pariwisata untuk menyiapkan pengelolaan ke depan, dalam bayangan kita, kita berharap TMII bisa jadi tempat berkumpulnya para inovator-inovator muda, para inovator sosial, inovator budaya, dan bahkan inovator teknologi, diberikan ruang disini untuk bisa berkreasi," jelas Moeldoko.

Selain itu, Moeldoko meminta agar masa transisi itu dimanfaatkan sebaik mungkin agar bisa berkontribusi besar bagi negara.

"Dari tata kelola, kita menginginkan pengelolaan taman mini bisa memberikan kontribusi kepada negara, ke depan harus bisa memberikan kontribusi yang lebih besar kepada negara, kita melihat beberapa potensi disini, perluasan ada 146,7 hektare, sebagian besar untuk museum dan kepentingan-kepentingan aspek sosial, tetapi ada sebagian yang komersil, ini ada potensi yang bisa dikembangkan," jelas Moeldoko.

Sebelumnya, pengambilalihan pengelolaan TMII oleh negara dari Yayasan Harapan Kita menjadi polemik. Salah satu tujuan pengambilalihan pengelolaan dari yayasan yang didirikan istri presiden ke-2 RI Soeharto, Tien Soeharto, itu adalah meningkatkan kontribusi keuangan TMII kepada negara.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama mengungkapkan Yayasan Harapan Kita tidak pernah menyetor pendapatan TMII ke kas negara. Yayasan Harapan Kita sendiri sudah mengelola TMII selama hampir 44 tahun.

"Selama ini tidak ada ke negara," kata Setya kepada detikcom, Rabu (7/4/2021).

TAG TERKAIT :
Berita Center Moeldoko TMII Yayasan Harapan KIta Masa Transisi TMII

Berita Lainnya