Kesehatan

4 Bahaya Minum Sambil Berdiri untuk Kesehatan

Dewi Sari - 12/04/2021 18:10

Beritacenter.COM - Kebiasaan minum sambil berdiri dianggap tidak sesuai dengan norma kesopanan yang ada di masyarakat, dalam dunia medis juga menjelaskan jika minum sambil duduk lebih menyehatkan dibandingkan dengan berdiri.

Jika kita minum dengan cara duduk maka air akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa melaluinya) dan menutup.

Sebenarnya air yang kita minum disalurkan pada ‘pos-pos’ penyaringan yang ada di ginjal, tetapi jika kita minum sambil berdiri air yang kita minum tidak bisa disaring lagi. Hal ini disebabkan air langsung langsung menuju kandung kemih.

Ketika langsung menuju kandung kemih tanpa penyaringan, maka terjadi pengendapan disaluran ureter (bagian dari sistem urinaria yang berbentuk menyerupai saluran pipa atau tabung). Karena banyak limbah tang tersisa di ureter mengakibatkan timbul penyakit berbagai penyakit pada ginjal.

4 Dampak kesehatan Minum berdiri.

1. Mengganggu pengenceran asam tubuh

Gangguan kesehatan lain yang disebabkan oleh minum sambil berdiri adalah gangguan proses pengenceran kadar asam tubuh, maka dari itu sebaiknya minum sambil duduk agar air yang diminum dapat membantu mengencerkan kadar asam dalam tubuh sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh.

2. Mempengaruhi Kesehatan Ginjal

Dampak buruk dari minum sambil berdiri adalah kesehatan ginjal yang dapat terganggu. Saat minum dalam posisi berdiri, air dapat mengalir dengan cepat menuju perut bagian bawah tanpa disaring.

Hal ini yang menyebabkan kotoran di kantong empedu menumpuk sehingga menyebabkan gangguan pada kesehatan ginjal.

3. Menyebabkan artritis

Minum sambil berdiri juga dapat menyebabkan artitris, air yang masuk ke tubuh tidak menyebar dan disalurkan secara merata, termasuk di bagian sendi. Hal ini yang menimbulkan penumpukan cairan yang menyebabkan artritis atau peradangan sendi.

Itulah beberapa dampak buruk diatas yang disebabkan ketika minum sambil berdiri. Hal ini sudah jelas karena dalam agama juga tidak menganjurkan untuK minum sambil berdiri, dalam bidang kesehatan juga sudah dijelaskan tentang dampak buruk minum sambil berdiri.

4. Tersedak

Makan dan minum dalam keadaan berdiri, terlebih bila kamu tergesa-gesa, juga dapat membuatmu menjadi tersedak, lho. Meski nampak sederhana, tersedak dapat menimbulkan komplikasi yang bisa mengancam nyawa.

TAG TERKAIT :
Berita Center Minum sambil berdiri 4 Minum Sambil Berdiri Minum

Berita Lainnya