Kesehatan

Terpaksa Santap Sahur dengan Mie, Ini Saran Dokter Gizi Agar Tak Cepat Lapar!

Aisyah Isyana - 13/04/2021 03:28

Beritacenter.COM - Tak jarang beberapa orang kerap terbangun kesiangan untuk makan sahur. Tak sempat masak, mi instan pun kerap jadi andalan sebagai menu sahur darurat yang praktis disajikan, dan tak memakan waktu lama.

Sejatinya, menyantap makanan di jam sahur bertujuan agar kita kuat menjalani ibadah puasa. Namun jika hanya makan mi instan saat sahur, tak jarang perut kita merasa cepat lapar dan berontak meminta diisi kembali.

Baca juga :

"Karena sebenarnya mi instan itu merupakan produk karbohidrat olahan sehingga untuk penyerapannya lebih cepat dan bikin kita lebih cepat lapar," jelas spesialis gizi klinik dr Diana F Suganda, SpGK, seperti dilansir detik.

Pada dasarnya mi instan mengandung banyak natrium yang sifatnya dapat menarik cairan. Alhasil, makan mi instan saat sahur dapat membuat kita cepat haus dan dehirdrasi saat puasa.

Lantas bagaimana jika kita berada dalam kondisi terdesak dan hanya dapat menyantap mi instan saat sahur. Boleh saja makan mi instan, namun disarankan agar menyantap mie dapat dilengkapi dengan protein dan sayur-sayuran agar lebih kenyang.

"Jika memang terpaksa, kita anggap mi instan itu sebagai karbohidratnya nah harus dilengkapi nih dengan sumber protein misal ditambahkan telur atau bakso. Jangan lupa tambahkan sayuran sebagai sumber serat biar lebih kenyang," paparnya.

TAG TERKAIT :
Nutrisi Gizi Mie instan Sahur Mie Sahur dengan Mie

Berita Lainnya