Kesehatan

Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

Lukman Salasi - 13/04/2021 12:22

BeritaCenter.COM – Umat Islam di Indonesia mulai melaksanakan puasa Ramadhan hari ini, 13 April 2021. Puasa yang sejatinya adalah tuntutan agama ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Berikut manfaat puasa Ramadhan dirangkum dari laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

1. Detoksifikasi Tubuh

Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa sesungguhnya tubuh kita melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal.

2. Membantu Regenerasi Sel  

Membantu proses regenerasi sel dalam tubuh. Ketika menjalankan ibadah puasa, sel-sel dalam organ tubuh kita melakukan proses regenerasi (pembaharuan sel) dengan baik. 

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh 

Selanjutnya, manfaat puasa ramadhan yakni dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat. 

4. Mengontrol Gula Darah

Selain tiga di atas yang dirangkum dari Kemenkes RI, beberapa penelitian lainnya telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat berguna bagi penderita diabetes. Selain itu, pembatasan asupan kalori dalam tubuh saat seseorang berpuasa juga dapat mengurangi resistensi insulin. 

5. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa puasa bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sebab, puasa dapat membantu menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

Itulah beberapa manfaat penting puasa Ramadhan bagi kesehatan. Semoga para pembaca menjalankan ibadah puasa dengan baik dan lancar.

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Manfaat puasa Umat islam Puasa Ramadhan 2021 Ibadah Puasa

Berita Lainnya