Nasional

Begini Jurus Polisi Cegah Warga yang Nekat Mudik

Lukman Salasi - 14/04/2021 14:29

BeritaCenter.COM – Mengantisipasi warga yang tetap nekat melakukan mudik lebaran tahun ini, polisi akan melakukan penyekataan atau penjagaan di jalur-jalur tikus di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Datanya sekitar 16 titik (jalur tikus) di wilayah DKI Jakarta dan penyangga," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Rabu (14/4/2021).

Jalur tikus yang dijaga polisi tersebar di wilayah hukum Polres Kota Tangerang, Polres Tangsel, Polres Depok, Polres Kota Bekasi, hingga Polres Kabupaten Bekasi. Selain itu, penjagaan di jalur tikus akan tersebar hingga jalan menuju Tol Cikarang Barat dan Tol Bitung/Cikupa.

Sambodo mengatakan jalur tikus yang dijaga bisa bertambah. Dia menyebut petugas akan mulai berjaga di lokasi tersebut mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021.

"Titik ini akan di-update lagi menjelang tanggal 6 Mei. Bisa bertambah lagi tergantung perkembangan situasi," ungkap Sambodo.

Selain itu, Polda Metro Jaya mendirikan pos pengamanan di beberapa titik jalur tikus tersebut. Di situ, petugas akan melakukan pemeriksaan kepada para semua pengendara, termasuk roda dua.

Belajar dari pengalaman tahun lalu, polisi kini akan lebih jeli mengawasi modus-modus masyarakat yang masih nekat mudik.

"Modus-modus yang dilakukan para masyarakat yang masih mencoba-coba mudik, seperti misalnya naik ke bak truk, kemudian sembunyi di bagasi bus. Kemudian di toilet bus, naik di dalam mobil yang sedang di-towing dan modus-modus lainnya, termasuk penggunaan travel gelap," jelasnya.

TAG TERKAIT :
Polda Metro Jaya Berita Center Cegah Pemudik Larangan Mudik Lebaran Jalur Tikus Penyekatan Jalur Tikus

Berita Lainnya