Kesehatan

5 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satu Kesehatan Jantung

Dewi Sari - 19/04/2021 19:55

Beritacenter.COM - Puasa bukan hanya kewajiban bagi umat Islam selama bulan suci Ramadan, tetapi juga terbukti mendatangkan berbagai manfaat kesehatan. Salah satunya adalah untuk kesehatan jantung.

Terbukti lewat berbagai penelitian, yuk, simak bersama manfaat puasa untuk kesehatan jantung agar kamu makin semangat dalam melakukan ibadah ini!

1. Meringankan kondisi penyakit kardiovaskular

Menurut laporan berjudul " The Benefits of Fasting to Improve Health Conditions and to Prevent Cardiovascular Disease" dalam Jurnal Ners tahun 2019, dikatakan bahwa berpuasa dapat meringankan kondisi penyakit kardiovaskular.

2. Mengurangi kolesterol dan trigliserida

Hasil penelitian tersebut menunjukkan penurunan berat badan yang disertai penurunan signifikan pada kolesterol total, low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat, trigliserida, serta basal glikemia dan insulinemia.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung koroner

Kebaikan puasa untuk kesehatan jantung lainnya adalah dengan berkurangnya risiko penyakit jantung koroner.

Berdasarkan laporan berjudul "Ramadan Fasting and Coronary Artery Disease in Patients Who Underwent Coronary Catheterization" dalam jurnal Chest tahun 2020, telah dilakukan penelitian mengenai hubungan antara puasa Ramadan dengan prevalensi dan risiko penyakit jantung koroner pada pasien yang menjalani kateterisasi koroner.

Data hasil penelitian tersebut memperlihatkan bahwa selama bulan Ramadan, pasien yang memiliki penyakit jantung koroner menjadi lebih sedikit (48 orang, 62,3 persen) jika dibandingkan dengan dua periode waktu lainnya yaitu pada sebelum Ramadan (89 orang, 82,4 persen) dan setelah Ramadan (53 orang, 72,6 persen).

Setelah disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, dan faktor risiko jantung koroner, ditemukan bahwa risiko penyakit jantung ini relatif lebih rendah pada bulan Ramadan daripada sebelumnya. Jadi, bisa disimpulkan bahwa puasa memiliki manfaat dalam mengurangi penyakit jantung koroner.

4. Mengurangi risiko diabetes

Diabetes adalah salah satu faktor penyebab penyakit jantung. Dilansir WebMD, berpuasa dapat bermanfaat dalam mengurangi risiko pada pasien diabetes.

Ini dibuktikan dengan penelitian terhadap tiga laki-laki yang memiliki diabetes tipe 2 selama 10-25 tahun. Dengan pengawasan medis, mereka puasa tiap 2 hari sekali atau total 3 hari dalam seminggu. Dalam satu bulan, mereka mampu berhenti terapi insulin. Kurang dari setahun, mereka mampu mengurangi atau menghentikan pengobatan diabetes lainnya.

5. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah satu dari beberapa faktor utama penyebab penyakit jantung. Dilansir Cleveland Clinic, berpuasa dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal tersebut tentu memiliki pengaruh pada kesehatan jantung.

Meski demikian, perlu diperhatikan juga bahwa puasa dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit, yang membuat jantung bisa tidak stabil dan mudah mengalami aritmia (gangguan irama jantung).

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Puasa Berita kesehatan

Berita Lainnya