Kesehatan

Wow ! 11 Menu Sahur Ini Bisa Bikin Kamu Tidak Dehidrasi Seharian

Baharuddin Kamal - 20/04/2021 02:00
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Saat menjalankan ibadah puasa, kamu harus berhati-hati dengan yang namanya dehidrasi. Kekurangan cairan dalam tubuh tidak hanya akan menyulitkan atau merusak ibadah puasamu, tapi juga kesehatanmu.

Jadi bagaimana caranya kita bisa mengatasi masalah dehidrasi saat berpuasa? Tahukah kamu, tubuh kita bisa mendapatkan cairan tidak hanya dari air minum saja, tapi juga dari makanan.

Sayuran dan buah-buahan sangatlah baik untuk menjaga tubuh kita dari risiko dehidrasi. Maka dari itu, menu untuk sahur itu perlu dipilih dengan hati-hati dan penuh perhitungan. Nah, 11 menu ini cocok untuk sahur dan gak akan bikin kamu dehidrasi seharian.

1. Sayur bening bayam
Sayur bening bayam tidak hanya segar, tapi juga penuh dengan sayuran nikmat seperti bayam dan jagung yang juga kaya akan mineral dan vitamin. Meminum kuah dari sayur bening juga merupakan cara yang baik untuk menjaga cairan tubuhmu.

2. Nasi pecel
Nasi pecel berisikan berbagai macam sayuran yang sangat baik untuk tubuh kita. Tempe, tahu, dan saus kacang juga kaya protein, sehingga bisa menjaga tubuh agar tetap kuat selama berpuasa. Tentu saja kamu juga akan terhindar dari dehidrasi.

3. Soto ayam
Soto ayam merupakan salah satu menu pilihan yang lezat dan bergizi, sangat cocok untuk sahur. Kuah soto dapat menambah cairan untuk tubuh, begitu pula dengan sayuran yang terdapat di dalamnya, seperti kol dan tomat.

4. Bubur Manado
Bubur khas asal Manado ini tidak hanya nikmat, tapi juga sehat. Bubur ini mengandung air, bayam, dan jagung, cocok untuk tubuh kita melawan dehidrasi.

5. Salad timun, tomat, dan alpukat
Resep yang satu ini simpel tapi mantap banget. Kamu hanya perlu memotong-motong sayuran seperti di atas dan membumbuinya dengan air lemon, garam, lada dan minyak zaitun. Mungkin kamu tidak akan kenyang hanya dengan sepiring salad saja untuk sahur, sehingga kamu bisa menjadikannya sebagai hidangan samping.

6. Smoothies bowl
Meski bisa disantap sebagai minuman, smoothies juga bisa dijadikan sebagai hidangan makanan. Tambahkan granola atau kacang almond di atasnya. Menu lezat ini juga sangat bergizi, penuh vitamin dan mineral dari buah-buahan yang bakal membuatmu tetap segar sepanjang hari.

7. Sup ayam jahe
Sup yang sehat ini terbuat dari satu ekor ayam dan berbagai macam sayuran, seperti wortel dan kentang. Resep istimewanya terletak pada jahe. Jahe dikenal sangat baik untuk tubuh kita, pastinya dapat membantu menyegarkan dan menguatkan tubuh selama berpuasa.

8. Capcay kuah
Resep ini tidak sulit dibuat, rasanya pun nikmat sekali. Masakan ini memiliki beragam sayuran lezat, sehingga tubuhmu akan tetap segar dan tidak dehidrasi sepanjang hari.

9. Sandwich alpukat
Buat kamu yang tidak ingin repot memasak, sandwich merupakan pilihan yang tepat. Kamu cukup menyiapkan roti dan sayuran seperti timun, tomat, dan buah alpukat. Hummus di atas dapat kamu ganti dengan mayonaise atau keju. Sandwich yang segar ini juga dapat membantu menjaga tubuhmu agar tidak dehidrasi sepanjang hari.

10. Buncis oseng telur
Resep yang simpel dan praktis, kamu yang tinggal sendiri pun pasti bisa membuatnya. Sayur buncis memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan tubuh kita, dan telur juga penuh akan protein yang dapat memberikan kekuatan sepanjang hari.

11. Tumis kangkung
Sayung kangkung sepertinya adalah menu yang wajib ada saat sahur. Apalagi tak susah untuk memasaknya. Sekitar 90 persen kandungan kangkung terdiri dari air. Jadi jangan sampai kamu melewatkannya ya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Puasa Makan sahur Berita kesehatan

Berita Lainnya