News

Update Satgas COVID : Zona Merah Corona Turun, Zona Oranye Bertambah..

Aisyah Isyana - 20/04/2021 17:36

Beritacenter.COM - Zona merah penyebaran Corona (COVID-19) di Indonesia terpantau turun. Hal itu diungkapkan Satgas COVID-19 dalam memberikan keterangan terkait perkembangan zonasi virus Corona. Namun, zona oranye juga dilaporkan meningkat.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menyebut zona merah Corona di Indonesia mengalami penurunan jika dibandingkan dengan minggu lalu, sebagaimana data yang terangkum per-18 April 2021.

Baca juga :

"Minggu ini terjadi penurunan jumlah kota/kabupaten zona merah, dari 11 kabupaten/kota zona merah, jadi 6. Ini perkembangan yang baik mengingat minggu lalu, zona merah meningkat jumlahnya," ujar Wiku dalam siaran langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (20/4/2021).

Sementara zona oranye terpantau bertambah jika dibandingkan dengan minggu sebelumnya. "Kabupaten/kota di zona oranye dari 316 kabupaten/kota minggu lalu jadi 322 kabupaten/kota (minggu ini). Untuk zona kuning menurun 1 kabupaten/kota dari minggu sebelumnya, zona hijau jumlahnya tetap," jelas Wiku.

Menurutnya, terdapat 37 kabupaten/kota yang berpindah dari zona kuning ke zona oranye. Adapun Ke-37 kabupaten/kota itu mayoritas berada di wilayah Jawa Barat (Jabar).

"Dari 37 kabupaten/kota kontribusi terbanyak dari Jabar yakni 7 kabupaten/kota, Lampung dan Jatim juga menyumbangkan kabupaten/kota yang cukup banyak berpindah dari zona kuning ke (zona) oranye 6 dari Lampung dan 4 dari Jatim," tutur Wiku.

"Mohon agar dapat dijadikan perhatian prioritas bagi gubernur, bupati dan walkot di provinsi dan kabupaten/kota yang berpindah ke zona oranye agar zona risiko tidak semakin memburuk," sambungnya.

TAG TERKAIT :
Virus Corona Covid-19 Pandemi COVID-19 Satgas COVID-19 Zona Merah Corona

Berita Lainnya