Kriminal

Polisi Tangkap Dua Spesialis Pembobol Rumsong dan Minimarket Jaringan Provinsi

Baharuddin Kamal - 20/04/2021 23:00
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Polisi menangkap dua spesialis pembobol rumah kosong serta minimarket yang kerap beraksi di wilayah Jakarta, Bogor, dan Tangerang Selatan. Kedua pelaku yang diketahui berinisial HS (36) dan RK (37) Ditangkap saat tengah menjalankan aksinya yang ke 150 kali.

"Yang bersangkutan melakukan kejahatan sebanyak 150 TKP. Dari 85 TKP kejahatan dengan sasaran rumsong dan 65 TKP dengan sasaran minimarket. Modusnya, pelaku mencongkel pintu dan masuk mengambil barang-barang," kata Kapolres Tangsel AKBP Iman Imanuddin di kantornya, Selasa (20/3/2021).

Iman mengatakan, kedua pelaku berbeda kelompok namun memiliki peran yang sama. Para pelaku, lanjutnya, bergerak pada malam hari dan selalu melakukan pemetaan sebelum menjalankan aksinya.

"Mereka biasa beraksi malam. Ya, jadi ini spesialis rumsong dan minimarket. Sebelum beraksi, mereka melihat digambar, setelah itu baru digarap. Tidak teroganisir. Mereka juga membawa mobil dalam tiap aksinya. Jadi ini dua kelompok ya," sambungnya.

Terkait hal itu, Iman berpesan agar warga selalu berhati-hati saat hendak berpegian meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, salah satu upaya pencegahan yakni dengan meningkatkan keamanan di rumah dengan memakai kunci ganda.

"Disarankan juga untuk memasang CCTV sehingga bisa mengantisipasi pencurian," ungkap Iman.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Tangsel AKP Angga Surya Saputra mengatakan, tersangka HS sudah beraksi sebanyak 14 kali membobol minimarket yang di wilayah Tangsel dan 56 kali di wilayah yang ada di Jakarta, Tangerang, dan Bogor.

"Setelah dilakukan berbagai rangkaian penyelidikan, pada Selasa 23 Februari 2021, sekira jam 00.30 WIB, tersangka akhirnya dapat ditangkap di rumahnya, wilayah Gunung Sindur, Kabupaten Bogor," jelasnya.

Sedang tersangka RK, merupakan spesialis bobol rumah kosong. Pelaku biasa beraksi kawanan, dan telah melakukan pembobolan sebanyak 85 kali di wilayah Tangsel. Setelah menangkap pelaku, polisi saat ini masih perburuan seorang rekan pelaku.

"Satu orang masih DPO atas inisial DF alias D. Dari tangan RK dan HS, petugas berhasil menyita barang bukti sejumlah HP, obeng, linggis, kunci leter T dan L, golok, rantai, lakban, tas laptop, mobil Agya hitam, sejumlah gembok, dan linggis," sambung Angga.

Selanjutnya, kedua pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Ancamannya, pidana penjara maksimal 9 tahun.

TAG TERKAIT :
POLISI Berita Kriminal Indonesia Berita Center Spesialis Pembobol Rumah dan Minimarket Jaringan Antar Provinsi

Berita Lainnya