News

Jokowi Tegaskan Tidak Ada Impor Beras sampai Akhir Tahun

Dewi Sari - 21/04/2021 15:15

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tidak ada impor beras sampai Juni 2021. Bahkan, pemerintah tidak akan mengimpor beras apabila panen bagus hingga akhir tahun.

Hal itu disampaikan Jokowi saat meninjau panen padi di Desa Wanasari, Kecamatan Bangodua, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (21/4/2021).

Jokowi mengatakan pemerintah sebenarnya tidak senang dengan impor beras karena hitung - hitungan di Indonesia banyak persawahan yang kena banjir kemudian saat ini masih dalam pandemi sehingga membutuhkan beras tambahan.

"Hitungan kalkulasi itu waduh, sehingga perlu tambahan beras untuk cadangan. Jadi pemerintah sebetulnya tidak senang dan tidak suka impor," tandas Kepala Negara.

Jokowi juga mengungkapkan pemerintah terus membangun pertanian yang semakin baik produksinya, dan diharapkan akan menjadi sebuah ketahanan pangan bagi negara. "Tentu saja kita ingin swasembada pangan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga berdialog dengan para petani. "Saya melihat di sini hasil panennya bagus bisa mencapai 7-8 ton, kemudian juga harga gabah juga sudah naik Rp4.200," terang Jokowi.

Masukkan lainnya dari petani, Presiden menyebutkan yang berkaitan ketika panen bersamaan di mana akan kesulitan mencari tenaga kerja untuk panen, saya sudah iyakan, juga pengadaan traktor dan pompa nanti kami kirim," imbuh Jokowi yang dalam kunjungan kerja itu mengenakan kemeja putih.

Turut serta dalam kunjungan kerja Presiden kali ini antara lain Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

 

TAG TERKAIT :
Jokowi Berita Center Beras Impor Beras Beras Cukup

Berita Lainnya