Opini

Nadiem, Direshuffle Atau Aman

Indah Pratiwi Budi - 26/04/2021 10:01
Oleh : Budi Santosa Purwokartiko

Kalau ada reshuffle kabinet, saya berharap Nadiem tidak diganti. Ada suara-suara Nadiem tidak jelas policy-nya dalam mengelola pendidikan. Katanya dia hanya pintar bagi-bagi pulsa, nggak memasukkan agama dalam roadmap pendidikan nasional, menghilangkan mata pelajaran Pancasila, dsb. Saya tidak tahu apakah orang-orang itu paham dan menggeluti dunia pendidikan. Nadiem jauh lebih bagus dari Anies.

Nadiem bekerja serius. Staf ahlinya anak-anak muda lulusan PT terbaik di US yang dengan cepat mengeksekusi ide-ide Nadiem.Nadiem mengenalkan ide Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang menurut saya merupakan terobosan hebat. Cara belajar di luar kelas, di luar kampus, magang di industri, mengerjakan proyek kemanusiaan, mengajar di sekolah dan beberapa yang lain, sangat sesuai dengan dinamika jaman. Mahasiswa harus melengkapi kompetensi dengan terjun langsung ke masyarakat dan industri.

Jika menterinya orang-orang kampus saya kira tidak akan keluar ide seperti itu. Apalagi berani memberi bobot hingga 20-40 sks. Ini benar-benar arah baru pendidikan tinggi. Nadiem juga bukan tipe menteri yang suka birokrasi dan kegiatan seremonial. Sebagai pengusaha dan praktisi Nadiem ingin semua serba simpel dan bermanfaat tanpa mengabaikan aspek kehati-hatian.

Gaya seperti ini perlu ditumbuhsuburkan dalam kementerian dan dinas-dinas dibawahnya.Jika ada yang merasa lebih paham tentang cara mengelola pendidikan selama puluhan tahun, bukti mutu pendidikan kita termasuk yang terendah di Asia Tenggara sudah cukup untuk membantahnya.Nadiem bukan dari partai, bukan dari ormas dan kemendikbud mengelola duit banyak hingga 80an T. Itu yang membuat Nadiem Makarim rawan digoyang. Semoga Pak Jokowi tetap mempertahankan Nadiem karena dia salah satu menteri profesional terbaik pilihan Pak Jokowi sendiri.

Sumber : Status Facebook Budi Santosa Purwokartiko

TAG TERKAIT :
Jokowi Joko Widodo Presiden Jokowi Kabinet Jokowi Isu Reshuffle Presiden Joko Widodo Jokowi Presiden Ku Reshuffle kabinet jokowi Isu Reshuffle Kabinet Jokowi Reshuffle Jokowi 3 Periode Jokowi Tiga Periode

Berita Lainnya