Nasional

Menlu Retno : Indonesia Jadi Negara Ketiga Jumlah Pemberian Vaksiasi Terbesar di Asia

Aisyah Isyana - 26/04/2021 22:18

Beritacenter.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebut Indonesia masuk ke urutan ke-tiga sebagai negara dengan jumlah pemberian vaksinasi COVID-19 terbanyak di Asia. Dia memastikan pemerintah terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan vaksin COVID-19 dalam negeri.

"Karena kegigihan ini Indonesia merupakan negara ketiga dengan jumlah pemberian vaksinasi terbesar di kawasan Asia setelah RRT dan India," ujar Retno dalam konferensi pers virtual yang disiarkan di YouTube Setpres, Senin (26/4/2021).

Baca juga :

Retno mengatakan, Indonesia malam ini akan kembali kedatangan vaksin AstraZeneca dari jalur multilateral COVAX Facility sebesar 3.852.000 dosis. Dimana pada batch pertama vaksin multilateral dari COVAX Facility Indonesia telah mendapat 1,1 juta dosis pada 3 Maret 2021.

"Jika kita gabungkan, vaksin dari jalur multilateral dan dari jalur bilateral, maka sejauh ini vaksin yang telah tiba di Indonesia adalah berjumlah 67.465.600 dosis," ujarnya.

Retno memastikan komitmen pemerintah Indonesia dalam mengupayakan ketersediaan vaksin bagi kebutuhan dalam negeri, sembari memperjuangkan kesetaraan akses vaksin bagi semua negara. Untuk itu, Indonesia aktif dalam pembahasan isu vaksin dunia, dimana tanah air duduk sebagai salah satu co-chairs dalam Covax AMC Engagement Group.

"Day and nite, kita terus berupaya agar program vaksinasi nasional dapat terus berjalan. Siang dan malam, kita terus melakukan diplomasi agar kebutuhan vaksin kita tercukupi," ujarnya.

Lebih lanjut, Retno juga mengimbau masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan mewaspadai penyebaran Corona. Belajar dari sejumlah kejadian dari negara lain, dia berharap masyarkat dapat saling bekerjasama dalam upaya mencegah penyebaran Corona di tanah air.

"Kita harus belajar dari kejadian-kejadian tersebut, terutama belajar dari munculnya gelombang baru di sejumlah negara. Kita harus bekerja, mencegah agar kejadian serupa tidak terjadi di Indonesia. Upaya mencegah itu dapat dilakukan, jika kita semua terus disiplin menjalankan protokol kesehatan," ujarnya.

TAG TERKAIT :
Corona Virus Menlu RI Retno Marsudi Vaksin Covid-19 VIRUS COVID-19 Vaksinasi Covid-19

Berita Lainnya