Kesehatan

Tips Santap Sahur, Biar Badan Nggak Lemas saat Berpuasa!

Anas Baidowi - 28/04/2021 02:02

Beritacenter.COM - Selama satu bulan penuh umat Islam di seluruh dunia wajib untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan menahan lapar dan dahaga selama 12-13 jam dalam sehari. Sayangnya, puasa bagi sebagian orang kadang dijadikan alasan untuk bermalas-malasan, sehingga mengurangi kegiatan aktifitas fisik. Padahal jika dilakukan dengan cara yang benar, puasa malah membuat tubuh menjadi sehat. Hal ini tergantung bagaimana kita pintar mensiasati cara maupun menu saat sahur.

Nah, agar aktivitas tetap lancar dan tubuh tetap bugar saat berpuasa ada beberapa tips sahur yang bisa dijalankan, sehingga bisa membantu kamu agar tidak lemas saat berpuasa dari matahari terbit sampai matahari terbenam. Apa saja tips sahurnya?

1. Sahur Berdekatan Dengan Waktu Imsak

Sahur adalah salah satu ibadah sunnah saat puasa dan dianjurkan agar umat muslim dapat mempersiapkan diri untuk lebih kuat saat menjalankan puasa. Tips sahur pertama makan sahur lebih baik berdekatan dengan waktu imsak, agar jedanya tidak terlalu lama. Ini tentu akan berbeda jika makan sahur lebih awal atau dilakukan setelah shalat tarawih misalnya, bisa jadi pada saar Dzuhur kita sudah merasa sangat lapar dan tentu saja akan mengganggu aktivitas dan puasa.

2. Makan Dengan Porsi yang Wajar

Tips sahur yang kedua adalah makan dengan porsi yang wajar. Sahur memang diperuntukan agar tubuh mendapatkan amunisi yang cukup ketika harus menahap haus dan lapar sepanjang hari. Namun, hal tersebut bukan menjadi alasan untuk makan tanpa kontrol dan dalam porsi banyak karena malah membuat tubuh tak berenergi karena kita jadi mudah mengantuk.

3. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat mutlak diperlukan untuk memberikan asupan energi untuk tubuh. Maka pilihlah jenis karbohidrat kompleks yang memerlukan waktu lebih banyak untuk dicerna, sehingga pelepasan energi menjadi menjadi lebih lambat. Seperti kentang, beras merah, roti gandum, maupun oatmeal.

Selain itu, karbohidrat kompleks juga tidak cepat menaikan gula darah berbeda halnya dengan karbohidrat sederhana atau olahan yang bisa dengan cepat menaikan gula darah sekaligus menurunkannya. Akibatnya, membuat orang akan lebih cepat merasa lapar maupun lemas di saat puasa seharian penuh.

4. Perbanyak Konsumsi Protein

Disamping karbohidrat kompleks, yang tidak boleh terlupakan adalah memperbanyak protein. Hal ini menghindari tubuh tidak mudah lemas memasuki siang hari dan hindari makanan berlemak maupun pedas. Salah satu sumber protein yang baik dan bisa membuat perut kenyang lebih lama adalah telur. Selain itu, ada juga yogurt yang mengandung probiotik juga baik untuk pencernaan.

5. Banyak Minum Air Putih

Tips sahur yang keempat adalah perbanyak minum air putih. Dimana, kita harus pintar mengatur asupan cairan selama berpuasa dengan mengonsumsinya di waktu sahur, berbuka, dan saat malam hari. Selain air putih asupan cairan juga bisa ditambah dengan jus buah tanpa gula.

6. Konsumsi Buah

Mengkonsumsi buah-buahan baik dilakukan karena bahan makanan ini terbukti mengandung banyak nutrisi dan vitamin untuk tubuh. Nutrisi dan vitamin tersebut tidak hanya berfungsi sebagai sumber tenaga tetapi juga bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit meski tidak makan dan minum hampir seharian.

Adapun beberapa buah-buahan yang direkomendasikan untuk disantap saat sahur antara lain pisang, papaya, apel, mangga, jambu biji, alpukat, jeruk, dan kurma.

Nah, dengan melakukan beberapa tips sahur diatas diharapkan Ibadah puasa Ramadhan kalian ditahun ini diharapkan bisa berjalan dengan lancar dan tanpa mengeluh lemas sehingga berpengaruh terhadap aktifitas kamu sehari-hari. Selamat menjalankan Ibadah puasa Ramadhan!

TAG TERKAIT :
Berita Center Puasa Puasa ramadhan Sahur

Berita Lainnya