Kesehatan

7 Manfaat Pelukan untuk Kesehatan yang Jarang Orang Ketahui

Dewi Sari - 01/05/2021 10:15

Beritacenter.COM - Selain bentuk cinta kasih, pelukan ternyata sangat dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, di antaranya meningkatkan imun dan lebih intim dengan pasangan.

Menurut penelitian di University of Kansas AS, pelukan selama 10-20 detik bisa melancarkan sirkulasi darah dan oksigen sehingga menyegarkan tubuh.

Pelukan adalah sebuah terapi yang ampuh untuk menyembuhkan aneka penyakit. Selain itu, memeluk dan tertawa sangat efektif menyembuhkan depresi, kecemasan, dan menjadi salah satu tip menghilangkan stres dan beberapa penyakit yang erat kaitannya dengan stres.

Berikut 7 manfaat pelukan untuk kesehatan yang jarang orang ketahui.

1. Munculkan rasa nyaman

Menurut penelitian University of North Carolina, AS, memeluk pasangan meski hanya semenit akan meningkatkan hormon oksitosin yang akan membuat pikiran lebih tenang dan mengurangi cemas. Pasalnya, pelukan dapat melepaskan hormon oksitosin yang merupakan hormon kebahagiaan.

2. Menghilangkan stres

Selain membuat bahagia, oksitosin dapat mengurangi tingkat hormon stres kortisol. Jika Anda dalam kondisi stres, sebaiknya Anda melakukan terapi pelukan bersama pasangan untuk menenangkan hati dan pikiran.

3. Meningkatkan sistem imun

Tingkat imunitas pada tubuh seseorang ternyata bisa dipengaruhi oleh emosional mereka. Tekanan tubuh yang dirasakan ketika berpelukan akan mengaktifkan Solar Plexus Chakra pada tubuh. Hal ini akan menstimulasi kelenjar timus dan tubuh kita menyeimbangkan produksi sel darah putih.

4. Menjadi lebih intim

Secara langsung pelukan akan membuat pasangan yang tadinya jauh secara fisik dan emosional menjadi lebih dekat. Tanpa disadari, aktivitas keseharian membuat jarak antara Anda dan pasangan, karena itu ada baiknya sebelum tidur Anda dan pasangan melakukan ritual pelukan.

5. Tidur nyenyak

Saat terbebas dari rasa stres, Anda akan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Karena itu, berpelukan dianjurkan sebelum Anda tidur.

6. Merangsang kinerja hormon baik

Pelukan dapat merangsang kinerja hormon baik, yaitu oksitosin dan serotonin yang membuat Anda merasa tenang, bahagia, dan menjauhkan perasaan kesepian serta amarah.

7. Menjadikan tubuh rileks

Pelukan ternyata dapat melemaskan otot-otot yang tegang, melepaskan tekanan dari tubuh, dan mengatasi rasa sakit dengan meningkatkan sirkulasi ke jaringan tubuh.

TAG TERKAIT :
Berita Center Berita kesehatan Peluk Manfaat Peluk

Berita Lainnya