Nasional

Kompolnas Minta Propam DIY Selidiki Kasus Nikah Siri Aiptu Tomy-Nani Takjil Sianida

Baharuddin Kamal - 06/05/2021 08:30
Komisioner Kompolnas Poengky Indarti.

Beritacenter.COM - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta kepada Propam Polda DIY agar proaktif melakukan pemeriksaan terkait pernikahan siri antara pengirim takjil sianida, Nani Aprilliani Nurjaman (24) dengan anggota Polresta Yogyakarta, Aiptu Tomy.

"Saya berharap Propam Polda DIY dapat secara proaktif melakukan pemeriksaan kepada Aiptu T untuk melihat apakah benar yang bersangkutan menikah siri dengan tersangka N?" kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti saat dihubungi, Rabu (5/5/2021).

Dia menegaskan, sebagai anggota Polri, Aiptu Tomy terikat dengan aturan kode etik di kepolisian. Dimana di dalamnya tertulis, setiap anggota Polri wajib menaati dan menghormati norma kesusilaan hingga menjaga kehidupan bernegara.

"Karena Aiptu T terikat dengan aturan kode etik Kepolisian, khususnya pasal 11 huruf c yang menyatakan setiap anggota Polri wajib menaati dan menghormati norma kesusilaan, norma agama, nilai-nilai kearifan lokal dan norma hukum, dan huruf d yang menyatakan setiap anggota Polri wajib menjaga dan memelihara kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara santun," tuturnya.

Dia mengatakan, jika nantinya Aiptu Tomy benar melakukan pernikahan sirih maka telah melanggar beberapa aturan. Di antaranya UU Perkawinan, PP terkait perkawinan dan perceraian PNS, aturan disiplin anggota polri dan kode etik kepolisian.

"Jika benar yang bersangkutan nikah siri berarti pelanggaran terhadap UU Perkawinan, Peraturan Pemerintah tentang Perkawinan dan Perceraian PNS, Peraturan Pemerintah tentang Disiplin Anggota Polri dan Peraturan Kode Etik Kepolisian," kata Poengky.

"Prinsip praduga tak bersalah tetap harus diterapkan hingga dijatuhkannya putusan," sambungnya.

TAG TERKAIT :
Kompolnas Berita Center Takjil Sianida Komisioner Kompolnas Poengky Indarti Propam DIY Nani Aprilliani Nurjaman

Berita Lainnya