Opini

Apa Kaitannya Penetapan KKB Sebagai Teroris dan "Kita"?

Indah Pratiwi - 06/05/2021 13:07
Oleh : Karto Bugel

Dengan ditetapkannya KaKB Papua sebagai terories, kelompok itu akan diperlakukan sama persis dengan kelompok terories Jeade atau bahkan IS*S. Tak ada ruang dialog pemerintah Indonesia terhadap organisasi semacam itu. Tindakan tegas dan terukur adalah bahasa resmi negara pada kelompok seperti itu.Itu terkait dengan diberlakukannya UU No 5 tahun 2018 tentang pemberantasan tindak terosisme.

Konsekuensi logis atas diberlakukannya UU ini, Densus 88 sebagai pasukan anti teror secara sah dan meyakinkan dapat di turunkan di Papua. Demikian pula pasukan TNI terkait tugas OMSP atau Operasi Militer Selain Perang-nya.KaKB akan dikejar dengan kekuatan sekelas pasukan khusus. KaKB akan dihajar sekeras kelompok JeaAde di Poso misalnya. Di sudut mana pun di hutan mereka, kini tak ada lagi ruang nyaman bagi kelompok itu bersembunyi.Terkait dengan akan diterjukannnya pasukan Khusus TNI guna mem-backup Kepolisian, Presiden seharusnya segera membuat Perpres terkait UU itu.

Hingga saat ini aturan turunan atas UU no 5 2018 tersebut belum dibuat oleh pemerintah. Ini sangat penting bagi status TNI yang akan diperbantukan agar terpayungi secara hukum dan framing negative atas hal itu tak menjadi liar. Ingat ini adalah Papua di mana mata dunia senang sekali mencari lemah posisi pemerintah Indonesia.

Kabar gembira bagi para esjewe Papua dengan diberlakukannya UU No 5 tahun 2018 itu adalah dengan disebutkannya hadiah di sana. Siapa pun bersuara dengan nada mendukung atau bahkan memprovokasi, tuduhan propaganda dapat disematkan padanya. Itu ada dan termuat pada UU tersebut. Siapa pun dapat di tangkap dan tak perlu harus terlihat bersama kelompok itu atau harus berada di dalam hutan misalnya.Definisi terories disebut secara tegas dalam UU Nomor 5 Tahun 2018 tersebut yakni, “siapa pun orang yang merencanakan, menggerakkan, dan mengorganisasikan teroriesme.

“Anda cukup bikin narasi provokasi di hp, tuduhan bahwa anda dianggap telah turut menggerakkan tak harus membuat Densus 88 tunggu anda memakai sandal, langsung angkut bahkan dengan bonus mata ditutup kain hitam.Baik Dandy mau pun Veronikakoman atau siapa pun mereka yang masih ingin merayakan lebaran di rumah, sebaiknya hati-hati. Narasi pembelaan berlebihan pada kelompok ter*or itu hanya akan membuat kalian menyusul Munaroh. Mereka, Aparat penegak hukum melalui Densus 88 memiliki payung hukum bagi alasan tindakannya…

RAHAYU.

Sumber : Status Facebook Karto Bugel

TAG TERKAIT :
KKB KKB Papua Tumpas Habis KKB Papua KKB Teroris

Berita Lainnya

AHOK LAGI

Opini 17/06/2021 17:00

DUH NEGARAKU...

Opini 16/06/2021 19:00

Siasat Prabowo

Opini 16/06/2021 16:00