Peristiwa

BPBD Evakuasi 25 Warga Terdampak Banjir Pondok Mitra Lestari Bekasi

Aisyah Isyana - 07/05/2021 02:35

Beritacenter.COM - Banjir dilaporkan menggenangi sejumlah titik di Kota Bekasi, Jawa Barat, salah satunya di Pondok Mitra Lestari. Banjir di wilayah itu dilaporkan mencapai tinggi 30 cm.

"Sekarang 30 cm," ujar Kasi Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPBD Kota Bekasi Hendra ketika dihubungi detikcom, Kamis (6/5/2021).

Baca juga :

Prihal penyebab terjadinya banjir, Hendra menyebut karena adanya luapan Kali Bekasi. Dia menduga banjir ini merupakan kiriman dari Bogor.

"Langsung dari Bogor, kali Bekasi meluap," lanjutnya.

Guna keperluan evakuasi warga terdampak banjir, BPBD Bekasi telah menyiapkan perahu karet. Beberapa warga juga sudah ada yang dievakuasi kr gudang BNPB, Bekasi.

"Warga sebagian mengungsi, ada 25 jiwa dan juga evakuasi kendaraan mereka sementara di gudang BNPB," terang Hendra.

Sejauh ini, petugas BPBD masih melakukan proses evakuasi terhadap warga yang hendak mengungsi. 

Diberitakan sebelumnya, banjir menggenangi sejumlah wilayah di Kota Bekasi, Jawa Barat. Ketinggian banjir rata-rata sempat mencapai 80 cm.

"Kalau sampai saat ini banyak (terendam banjir), di Vila Nusa Indah 2, Pondok Gede Permai, Villa Jatirasa, Pondok Mitra Lestari, Jaka Kencana," ujar Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C) Puarma.

"Ketinggian air rata-rata sekitar 80 cm," sambungnya.

Dia menyebut penyebab terjadinya banjir karena luapan Sungai Cileungsi. Dimana sebelumnya hujan deras sempat mengguyur wilayah Sukamakmur, Bogor, sekira pukul 18.00 WIB.

"Kalau air bisa meluap karena tingginya kiriman dari hulu sungai Cileungsi ya, terutama Sukamakmur hujannya sangat deres, itu yang menyebabkan Cileungsi naik, di Cileungsi pas buka puasa, puncaknya, banjirnya jam 22.00 barusan," jelas Puarman.

Pemadaman listrik dilakukan di sejumlah wilayah yang digenangi banjir setinggi 40 cm. Vila Nusa Indah 2 menjadi yang terparah terdampak banjir.

"Vila Nusa Indah 2, termasuk yang cukup parah, waktu tinggi muka air 650, mereka (air) sudah limpas dari tanggulnya, jadi sudah ada di puncak tanggul jadi ngga bisa dibendung lagi, ketinggian 1 meter," kata Puarman.

TAG TERKAIT :
Bekasi Banjir Bencana Alam Banjir Kiriman Kali Bekasi Sungai Cileungsi Sungai Cileungsi Meluap

Berita Lainnya