Kesehatan

Inilah 7 Tips Agar Sahur Kamu Tidak Kesiangan

Dewi Sari - 07/05/2021 11:25

Beritacenter.COM - Salah satu godaan terberat dalam puasa adalah mata yang mengantuk saat sedang sahur. Kondisi ini membuat kita terburu - buru saat menyantap makan sahur.

Padahal, sahur merupakan waktu makan yang paling penting ketika berpuasa. Konsumsi makanan secara sembarangan ketika sahur justru bisa membuat kamu menjadi lemas dan mudah lelah saat berpuasa.

Berikut 7 tips agar kamu tidak kesiangan dalam sahur seperti dilansir dari Gulfnews.

1. Tidur Lebih Awal

Hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk bangun sahur dengan mudah adalah tidur lebih awal. Walau begitu, hal ini kadang tak mudah dilakukan terutama bagi mereka yang memiliki banyak aktivitas.

Pada bulan Ramadan, sebaiknya geser sejumlah aktivitas atau pekerjaan yang bisa kamu lakukan di rumah menjadi setelah sahur. Hal ini bisa membuatmu lebih mudah terhindar dari berbagai aktivitas malam hari sehingga dapat tidur lebih cepat.

2. Pasang Alarm dengan Tepat

Pastikan untuk memasang alarm dalam waktu yang tepat yaitu tidak terlalu lama sebelum sahur serta tidak terlalu mepet dengan jam sahur. Jika kamu seseorang yang sulit terbangun, kamu bisa memasang alarm berkali-kali dalam jangka waktu yang tepat.

3. Hindari Kafein sebelum Tidur

Konsumsi teh dan kopi merupakan hal yang sebaiknya dihindari pada saat puasa Ramadan. Walau begitu, jika kamu memang ingin mengonsumsinya, sebaiknya konsumsi segera setelah sahur dan jangan dekat dengan waktu tidur karena akan mengganggu siklus tidurmu.

4. Olahraga Rutin

Olahrga rutin merupakan hal yang penting dilakukan saat berpuasa, baik untuk kebugaran maupun membuatmu tidur lebih cepat. Berolahraga di sore hari atau setelah berbuka bisa menjadi cara untuk mendapat manfaat luar biasa ini.

5. Jangan Makan Terlalu Banyak Saat Berbuka

Konsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat dan jumlah yang tidak berlebihan merupakan cara agar kamu bisa beristirahat dengan baik di malam hari. Jangan makan terlalu malam atau mendekati waktu tidur agar kamu bisa terbangun dengan mudah saat sahur.

6. Makan Bersama Keluarga

Bagi mereka yang tinggal bersama keluarga, makan bersama-sama merupakan cara yang bisa dilakukan. Manfaatkan waktu ini menjadi jam berkumpul dan mendekatkan diri bersama anggota keluarga lain.

7. Persiapkan Makanan Lezat untuk Sahur

Menyiapkan hidangan lezat yang ingin kamu santap saat sahur bisa membantu kamu bangun lebih mudah. Cara ini bisa membuatmu bersemangat untuk bangun pagi hari dan menyantap makanan sahur yang lezat.

TAG TERKAIT :
Berita Center Manfaat sahur Sahur Sahur Untuk Kesehatan

Berita Lainnya