Nasional

Keren! Aparat Ditjen PSDKP Menangkap 84 Kapal Ikan Asing dan Indonesia Selama 2021

Lukman Salasi - 07/05/2021 14:51

BeritaCenter.COM - Aparat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali berhasil menangkap kapal asing ilegal di Laut Natuna Utara.

Kali ini dua kapal ikan berbendera Vietnam yang ditangkap saat melakukan pencurian ikan jenis teripang pada Kamis (6/5/2021).

Plt. Dirjen PSDKP, Antam Novambar menjelaskan bahwa 2 kapal ikan asing ilegal yang ditangkap yaitu TG 92536 TS dan TV 93020 TS. Dibekuk oleh Kapal Pengawas Hiu Macan 01. Kedua kapal tersebut sempat berusaha kabur dengan memacu kecepatan tinggi namun berhasil dilumpuhkan.

“Sempat adu kecepatan terjadi, namun berhasil dilumpuhkan,” jelas Antam Novambar, Sekjen KKP/Plt. Dirjen PSDKP, Jumat (7/5/2021).

Dengan penangkapan dua kapal berbendera Vietnam ini, kata Antam, menambah panjang daftar kapal ikan yang ditangkap oleh Ditjen PSDKP KKP.

“Sebanyak 84 kapal telah ditindak selama tahun 2021, yang terdiri dari 68 kapal ikan Indonesia yang melanggar ketentuan dan 16 kapal ikan asing yang mencuri ikan (6 kapal berbendera Malaysia dan 10 kapal berbendera Vietnam),” tambah Antam.

“KKP juga terus menunjukkan komitmennya untuk menjaga keberlanjutan sumber daya kelautan dan perikanan dengan menangkap 62 pelaku penangkapan ikan dengan cara yang merusak (destructive fishing),” pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Kapal Asing KKP Tahun 2021 Ditjen PSDKP Pelaku Illegal Fishing Tangkap Kapal Asing

Berita Lainnya