Kriminal

Terlibat Kasus Narkoba di Lapas, 11 Orang Sipir Dipecat

Baharuddin Kamal - 08/05/2021 00:17
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Sebanyak 11 orang petugas penjaga lembaga pemasyarakat di rutan yang ada di Sumatera Utara dipecat lantaran terlibat dalam peredaran narkoba di lapas dan rutan tempat mereka bekerja.

"Ya, untuk kurun waktu 2020-2021, ada 11 orang yang diproses. Ada sudah dipecat dan ada yang proses pemecatan," ungkap Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkuham Sumut, Anak Agung G Krisna, Jumat (7/5/2021).

Dia mengatakan, sangat menghargai proses hukum yang sedang berjalan atas kasus para petugas sipir itu. Agung menyebutkan bahwa menyerahkan sepenuhnya kasus itu kepada pihak kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN) atas penyelidikan tersebut.

‎"Ini mereka (petugas Lapas) ditahan. Keluar surat penahanan, keluar juga pemberhentian sementara sambil menunggu proses hukum," kata Agung.

Agung mengatakan, 11 petugas ini, yang siap dipecat itu, sebagai contoh bahwa pihak Kemenkuham Sumut melakukan tindakan tegas dan tidak main-main dengan narkoba yang melibat petugas Lapas atau Rutan.

"Diputus bersalah sekian tahun, pecat langsung. Nol tahun (belum diputus) pecat. Kalau kasus narkoba kita tidak ada main-main," sebut Agung.

Agung menambahi pihaknya sudah mengidentifikasi ‎puluhan petugas yang terlibat peredaran narkoba. Namun, belum jauh menjalani bisnis haramnya. Pihak Kemenkuham Sumut langsung melakukan pembinaan secara internal.

"Terindikasi untuk menyalahgunaan narkoba langsung kita bina, ada puluhan orang lah. Dia bilang ‎'sekolah di Kemenkuham'," tandasnya.

TAG TERKAIT :
Narkoba Kasus Narkoba Berita Kriminal Indonesia Berita Center Sumut

Berita Lainnya