Kriminal

Polisi Gagalkan Pengiriman 25 Kg Sabu Malaysia-Sulsel di Samarinda Kaltim

Aisyah Isyana - 11/05/2021 12:35

Beritacenter.COM - Komplotan kurir narkoba asal Malaysia diringkus polisi di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Komplotan ini didapati membawa 25 kilogram sabu, yang rencananya hrndak diantar ke Parepare, Sulawesi Selatan, namun berhasil digagalkan polisi.

"Pelaku kita amankan di tempat berbeda. 3 Pelaku yakni Ali, Yadi, dan Sugi merupakan ABK perahu nelayan yang disewa khusus bandar besar dari Parepare (ditangkap) di dermaga nelayan di kawasan Manggar," ujar Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Selasa (11/5/2021).

Setelah menangkap tiga prlaku, Polda Kaltim kemudian berkoordinasi dengan polisi didaerah terkait guna meringkus bandar besar yang menyewa kapal untuk untuk para kurir yang dipekerjakannya.

Dari hasil pengembangan lebih lanjut, diketahui sabu seberat 25 kg itu dibawa dari dari Tawau, Malaysia melalui pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Guna mengantar barang haram itu, mereka menyewa kapal dari nelayan di Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Tak hanya menangkap 3 pelaku yang merupakan ABK kapal, polisi juga meringkus 2 orang lainnya yakni, Andre (32), dan Ridho (32), warga Samarinda yang bertugas mengambil barang ke Balikpapan.

Keduanya mendapat perintah untuk menjemput sabu dari seseorang yang masih dalam perburuan polisi atau DPO hingga saat ini.

"Mereka (para pelaku) tidak menyembunyikan barang ini secara istimewa, mereka hanya gunakan plastik pembungkus berwarna hijau kemudian diletakan begitu saja dan ditutup terpal," kata Herry.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, l para pelaku terancam Pasal 114 Undang-Undang No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman pidana seumur hidup, atau paling singkat 5 tahun, paling lama 20 tahun dan hukuman mati.

TAG TERKAIT :
Kasus Narkoba Sabu Kurir narkoba Samarinda Berita Kriminal Indonesia Parepare Jaringan Narkoba asal Malaysia

Berita Lainnya