Kesehatan

5 Jenis Makanan Sehat untuk Jaga Tubuh Tetap Bugar usai Lebaran

Dewi Sari - 14/05/2021 10:09

Beritacenter.COM - Pandemi COVID-19 membuat kesadaran masyarakat akan konsumsi makanan sehat semakin meningkat. Pada saat lebaran, makanan sehat juga bisa menjadi alternatif.

Anda tentu boleh mengonsumsi beberapa makanan khas lebaran, namun sebaiknya jangan berlebihan. Kecukupan buah dan sayur tetap sangat penting diperhatikan agar setelah lebaran tubuh Anda tetap bugar.

Berikut adalah lima jenis makanan sehat lebaran sesuai rekomendasi Tokopedia yang berkolaborasi dengan Serasa Salad Bar.

1. Hindari Makanan Kemasan

Kue atau camilan buatan sendiri bisa menjadi alternatif makanan yang lebih sehat saat lebaran. “Dengan membuat makanan sendiri, kita bisa memilih dan mengatur bahan-bahan yang digunakan agar lebih sehat,” ungkap Pemilik Serasa Salad Bar Fitriani Rahmah.

2. Tambah Konsumsi Serat

Menyajikan sayur-sayuran, misalnya salad, di antara hidangan lebaran bisa menyeimbangkan kebutuhan serat dan vitamin tubuh.

3. Ingin Minuman Manis, Ganti dengan Smoothies

Minuman manis tentu menjadi andalan saat merayakan hari kemenangan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah hindari mengonsumsi minuman yang mengandung terlalu banyak gula.

“Green Smoothies dari Serasa, misalnya. Perpaduan rasa segar dari nanas, daun mint serta manisnya kurma bisa menjadi alternatif minuman menyegarkan dan sehat,” jelas Fitri.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih sangat disarankan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Kandungan mineral yang baik di dalam air putih juga dapat mengembalikan metabolisme tubuh agar tetap sehat dan bugar menyambut hari kemenangan.

5. Salad Buah Jadi Dessert

Kombinasikan potongan buah-buahan dengan yoghurt dan granola agar makan buah jadi menyenangkan. Selain itu, salad buah juga bisa menjadi menu penyegar yang sangat praktis untuk disajikan saat lebaran.

TAG TERKAIT :
Berita Center Makanan Sehat Berita kesehatan Keseahtan

Berita Lainnya