News

Tegas ! Warga Tolak Pemudik Tanpa Surat Bebas Covid-19, Polisi : Kami Dukung !

Baharuddin Kamal - 16/05/2021 14:00

Beritacenter.COM - Sejumlah masyarakat menolak datangnya para pemudik yang tidak membawa surat tes swab. Hal itu dilakukan guna memastikan warga yang pulang kampung tersebut tidak terpapar virus Covid-19.

Penolakan pemudik tersebut salah satunya terjadi di lingkungan Kampung Nengnong dan Kampung Cisauk Sinyal, Kabupaten Tangerang, Jawa Barat. Penolakan itu terlihat dari sejumlah tulisan yang dipasang di sejumlah sudut jalan raya.

Selain kedua kampung itu, Kampung Sari Mulya, Kelurahan Setu, Kota Tangsel, spanduk serupa juga terpasang. Sepintas, imbauan ini seperti protes warga kepada para pemudik, karena ditulis tangan dengan pilox. Tetapi jika melihat pada pesan yang tertulis, tampak seperti terorganisir.

Dadih, Ketua RT setempat mengatakan, aksi ini digelar spontan untuk menjaga lingkungan dari kasus impor Covid-19 yang dibawa oleh para pemudik. Warga yang resah, meminta agar pemudik yang pulang dites swab.

"Kami sebagai warga ingin masa pandemi ini segera berakhir dan kami telah mengikuti imbauan pemerintah agar tidak mudik," kata dia, kepada wartawan, Minggu (16/5/2021).

Tidak ingin wilayahnya terjadi lonjakan kasus baru Covid-19 yang dibawa pemudik, dirinya pun berharap, para pemudik bisa mengerti dengan situasi yang terjadi. Sehingga, apa yang dikhawatirkan warga tidak akan terjadi.

"Untuk itu kami juga mengharapkan agar para pemudik yang akan tiba, tidak diterima begitu saja, dan harus dilakukan swab tes dan isolasi mandiri selama 14 hari," sambungnya.

Melihat fenomena itu, Kapolsek Cisauk AKP Fahad Hafidhulhaq melihat positif aksi warga. Selain khawatir terjadi kasus impor dari para pemudik, juga untuk menjaga lingkungan.

"Ya, kami mendukung dan mengapresiasi tindakan mereka, dan berharap warga yang tiba di wilayah kita akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, baik SWAB tes maupun isolasi mandiri," sambung Fahad.

Menurutnya, aksi warga tersebut sebagai bentuk keedulian warga terhadap kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan lingkungan dari pandemi Covid-19 yang terus melanda.

"Tentu kita berharap jangan sampai apa yang dilakukan pemerintah, TNI/Polri bersama masyarakat yang menginginkan usainya wabah pandemi Covid-19 ini menjadi sia-sia karena warga yang pergi mudik," tukasnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Tangerang Selatan Pemudik Tes Swab Warga Tolak Pemudik Pemudik Wajib Tes Swab

Berita Lainnya