News

Polisi Jemput Bola Datangi Warga Baru Pulang Mudik, Langsung Dites Swab

Aisyah Isyana - 17/05/2021 21:14

Beritacenter.COM - Pihak kepolisian bersama jajaran Kelurahan Setu, Tangerang Selatan, melakukan tes swab terhadap warga yang baru pulang mudik. Petugas bergerak langsung jemput bola mendatangi rumah warga yang baru pulang mudik.

Pada kesempatan itu, polisi turut membawa pocong untuk menyadarkan masyarakat jika virus COVID-19 mematikan. Petugas mendatangi dua rumah warga di RT 11 RW 03 dan RT 16 RW 04 Kelurahan Setu, Tangsel, untuk dites swab antigen.

"Selain Posko stasioner yang dibangun, kami juga secara aktif melakukan swab antigen door to door terhadap pemudik yang sudah kembali," kata Kapolres Tangerang Selatan AKBP Iman Imannudin di Kelurahan Setu, Senin (17/5/2021).

Menurutnya, warga yang baru pulang mudik itu sebelumnya juga sudah didata pihak Bhabinkamtibmas setempat. Iman mengatakan, warga yang dites swab itu merupakan warga yang lolos penyekatan dan belum menjalani tes swab antigen.

"Sebelumnya Bhabinkamtibmas kami sudah melakukan pendataan warga yang mudik sehingga kami sudah memiliki data tersebut. Bagi masyarakat yang diketahui sudah kembali dari mudik namun belum melakukan swab di posko yang telah kami bangun, kami mendatangi kediaman yang bersangkutan untuk dilakukan swab," jelasnya.

Iman menyebut pelaksanaan tes swab door to door itu dilakukan guna memutus rantai penyebaran virus Corona. Menurutnya, tes swab Corona dari rumah ke rumah itu akan dilakukan selama sepekan kedepan, sebagajmana perintah Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

"Hal ini kami lakukan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dan menghindari terjadinya cluster baru. Selain itu, hal ini juga menjadi bukti nyata bahwa negara hadir di tengah-tengah masyarakat dalam upaya menanggulangi pandemi COVID-19," ujarnya.

"Berdasarkan perintah Pak Kapolda Metro Jaya kami lakukan sampai 24 Mei, semua penyekatan juga dan pos pengamanan kami lakukan sampai 24 Mei," sambungnya.

Sementara itu, Kapolsek Setu AKP Fahad menyebut dua warga pemudik yang dites swab itu mendapat hasil negatif. Dari dua rumah yang didatangi, ada lima orang yang menjalani tes swab.

"Ada lima orang yang dites dari dua keluarga yang kita datangi dan semua negatif. Yang pertama, kita melihat dari data dulu. Kalau memang dari data itu masih ada yang baru pulang, nanti kita laksanakan pengecekan. Kalau memang udah pulang, kita tes. Kalau belum pulang dan juga jangkanya panjang nanti kita tunggu sampai pulang," ujarnya.

Kedepannya, Fahad mengimbau pemudik yang baru datang agar berinisiatif untuk datang ke posko dN menjalani tes swab antigen. Fahad juga mempersilahkan masyarakat untuk menginformasikan jika ada tetangganya yang baru pulang kampung dan belum menjalani tes swab antigen.

"Kalau memang ada laporan dari warga ataupun dari masyarakat yang merasa ada tetangganya pulang dari kampung kembali dari mudik dan tidak ada terdata di kami, bisa dilaporkan melalui hotline ataupun call center yang sudah tertera. Alangkah lebih baiknya sebelum datang ke tempat tinggal langsung ke posko dulu," pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Pemudik Polres Tangsel Virus Corona Pandemi COVID-19 Tes Swab Warga Tolak Pemudik Swab Antigen Posko Swab Pemudik

Berita Lainnya