Travel

Pesona Indah Gunung Kelimutu Miliki Danau 3 Warna

Dewi Sari - 19/05/2021 16:00

Beritacenter.COM - Pernahkah anda memperhatikan gambar pemandangan gunung di mata uang Rp5.000 zaman dulu? Faktanya, gambar tersebut bukan sembarang gambar, tapi merupakan gambar pemandangan gunung dengan pesona danau tiga warnanya yang memikat hati.

Gunung tersebut yaitu Gunung Kelimutu, yang berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Gunung Kelimutu terkenal dengan keindahan danaunya. Tiga danau tersebut terletak di tengah puncak Gunung Kelimutu, dan masing masing memiliki nama.

Danau dengan warna biru kehitaman bernama Tiwu Ata Mbupu, danau warna hijau tosca bernama Tiwu Nuwa Muri Koo, dan danau berwarna hitam kecoklatan diberi nama Tiwu Ata Polo. Namun warna-warna danau ini akan berganti seiring dengan perjalanan waktu

Nama Gunung Kelimutu berasal dari kata “Keli” yang berarti gunung, dan “Mutu” yang berarti mendidih. Maka, sesuai namanya, jika anda berkunjung ke Gunung Kelimutu, anda tidak akan bisa menikmati bermain di air danau, anda hanya diperbolehkan untuk melihat saja.

Berada di ketinggian 1.639 mdpl, atau 5.377 kaki, Gunung Kelimutu kerap menjadi sasaran para pendaki dan pecinta alam, apalagi daya tarik tiga danaunya semakin menjadi daya tarik pengunjung.

Melansir dari laman Indonesia Kaya, Danau di Kelimutu ini memiliki luas sekitar 1.0551.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik, ketinggian dinding kawah antara 100 hingga 200 meter.

Bagi anda yang penasaran dengan bentuk gunung dan danau legendaris di Indonesia ini, tidak perlu khawatir jika sebelumnya tidak pernah mendaki gunung.

Anda dapat menaiki anak tangga yang tersedia dan berjalan menanjak hingga sampai di puncak. Meskipun rasa penat kian menghampiri saat mendaki, tapi semua itu akan terobati dengan indahnya pemandangan danau dan pemandangan yang dilihat dari atas gunung.

Pada akun Youtube pribadinya, Traveler Rudi Nazar membagikan cerita perjalanannya menuju puncak Kelimutu. Sembari mendokumentasikan perjalanannya, Rudi juga menyoroti keindahan Gunung Kelimutu yang dapat dilihat sepanjang perjalanan menuju Puncak. Akses ke puncak Kelimutu pun juga sudah baik.

Berangkat dari arah parkiran menuju puncak, kabut dari Gunung Kelimutu nampak menutupi kawasan dan memperkecil jarak pandang.

“Tidak terlalu jauh, dan hanya memakan waktu sekitar 15 menit,” kata Rudi dalam video yang ia unggah.

Untuk memasuki kawasan Gunung Kelimutu, pengunjung domestic akan dikenakan tarif sebesar Rp5000, sedangkan untuk pengunjung mancanegara sebesar Rp150.000. Kawasan ini sangat cocok untuk dijadikan spot liburan anti mainstream bersama teman jika ingin mencoba suasana baru yang jauh dari hiruk pikuk dunia perkotaan.

TAG TERKAIT :
Berita Center Wisata Wisata Indonesia

Berita Lainnya