Internasional

16 Pesawat Militer China Menyusup ke Jalur Udara Malaysia, Menlu : Tak Ada Kompromi

Baharuddin Kamal - 02/06/2021 14:05
Menteri Luar Negeri (Menlu) Hishammuddin Hussein.

Beritacenter.COM - Malaysia memanggil duta besar China, Selasa (2/6/2021), terkait tuduhan pelanggaran wilayah udara yang dilakukan pesawat militer pada Senin (1/6/2021).

Diketahui sebanyak 16 pesawat militer milik China memasuki wilayah udara Malaysia yang direspons dengan pengerahan jet tempur oleh Angkatan Udara Negeri Jiran. Posisinya sekitar 60 mil laut dari Negara Bagian Sarawak.

Sebagaimana dikutip dari Routers, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Malaysia menyatakan bahwa akan memanggil Dubes China pada hari ini guna meminta penjelasan terkait penyusupan tersebut.

Pasalnya, pesawat-pesawat militer China itu tidak menghubungi air traffic control meskipun sudah diminta beberapa kali.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Hishammuddin Hussein mengatakan, pemerintah juga akan menyampaikan nota protes diplomatik.

"Sikap Malaysia jelas, memiliki hubungan diplomatik yang bersahabat dengan negara mana pun tidak berarti kami berkompromi dengan keamanan nasional," kata Hishammuddin, dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu Kedutaan Besar China sebelumnya menjelaskan pesawat-pesawat itu melakukan latihan terbang rutin dan tidak melanggar wilayah udara negara mana pun.

"China dan Malaysia adalah tetangga bersahabat dan China bersedia melanjutkan konsultasi persahabatan bilateral dengan Malaysia untuk bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan," kata seorang juru bicara kedubes.

TAG TERKAIT :
China Malaysia Berita Center Internasional

Berita Lainnya