Nasional

Baharkam Polri Ringkus Dua Kapal Vietnam di Natuna

Lukman Salasi - 09/06/2021 13:36

BeritaCenter.COM - Direktur Polair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Yassin Kosasih mengatakan, pihaknya menangkap dua kapal ikan asal Vietnam di Laut Natuna Utara. Dua kapal itu ditangkap karena diduga melakukan pencurian ikan.

Ada 17 orang anak buah kapal (ABK) yang ikut diamankan dan juga sekitar 5 kuintal ikan.

"Dari hasil pemeriksaan terhadap kapal KG 90720 TS dan KG 93039 TS ditemukan barang bukti berupa ikan campuran kurang lebih 500 kg dan alat tangkap berupa satu set jaring trawl dari kapal tersebut," kata Brigjen Yassin, Rabu (9/6/2021).

Penangkapan ini bermula saat Dirpolair Baharkam mendapat informasi dari Subdit Intelair pada Selasa (1/6). Kapal ikan asing berbendera Vietnam tersebut cenderung masuk ke perairan Indonesia pada malam hari hingga dini hari untuk melakukan penangkapan atau pencurian ikan.

Informasi tersebut ditindaklanjuti Dirpolair Baharkam Polri dengan mengerahkan Kapal Bisma 8001 untuk melakukan patroli perairan di Laut Natuna Utara pada Jumat (5/6). Dari hasil patroli tersebut terdeteksi dua unit kapal asing berbendera Vietnam melakukan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Indonesia.

"Kapal ikan asing tersebut melakukan penangkapan menggunakan jaring trawl," kata Yassin.

"Modus operandi, kapal ikan asing memasuki perairan Indonesia pada malam hari melakukan penangkapan ikan secara ilegal dan keluar dari perairan Indonesia menjelang matahari terbit untuk menghindari petugas," kata Yassin.

TAG TERKAIT :
Berita Center Polair Pencurian Ikan Kapal Vietnam Laut Natuna Utara Baharkam Polri

Berita Lainnya