News

Wapres Ma'ruf : Perlu Upaya Intervensi Tekan Penularan Corona, Agar Tak Seperti India

Aisyah Isyana - 15/06/2021 14:36

Beritacenter.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyinggung soal peningkatan penularan virus Corona (COVID-19) yang terjadi saat ini. Ma'ruf menilai, perlu adanya upaya pencegahan penularan agar tidak terjadi lonjakan kasus COVID-19 seperti di India dan Malaysia.

"Kita semua merasakan sekarang ini sedang terjadi peningkatan penularan, kalau kita tidak melakukan upaya-upaya mengintervensi ini bisa terjadi seperti di India juga di Malaysia," kata Ma'ruf Amin saat meninjau vaksinasi di Kota Tangerang yang disiarkan melalui YouTube Kota Tengarang, Selasa (15/6/2021).

Baca juga :

Menurutnya, pandemi COVID-19 tak hanya berdapat terhadap kesehatan masyarakat, namun juga terhadap berbagai aspek kehidupan lainnya, seperti ekonomi hingga pendidikan.

"Dan selama ini kita juga sudah merasakan sendiri akibatnya yang tidak hanya juga berdampak pada kesehatan tetapi juga pada sosial, ekonomi, pendidikan dan sektor-sektor yang lain," jelasnya.

"Karena itu kita bertekat untuk bisa segera mungkin mengatasi ini. Ini dari segi pemerintah harus siap, juga melakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat, ya memakai masker. Saya kemarin pergi ke di jalan itu banyak yang tidak pakai masker, ini harus betul-betul digerakkan," lanjutnya.

Untuk itu, Wapres Ma'ruf berharap agar masyarakat senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan ketat. Ma'ruf juga meminta pemerintah daerah untuk meningkatkan kapasitas testing.

"Kemudian juga mencuci tangan dan sebagainya, juga penerapan PPKM. Jadi harus betul-betul dilaksanakan. Juga dalam rangka testing untuk mengetahui seberapa besar testing ini, juga tracing-nya, jangan sampai kita tracing-nya rendah juga bisa mengakibatkan tidak terdeteksinya penularan itu," kata dia.

Selain itu, Ma'ruf juga meminta agar fasilitas kesehatan untuk isolasi pasien Corona dapat ditambah. Adapun hal itu sebagai langkah antisipasi jika kasus COVID-19 melonjak.

"Saya bilang jangan sampai, sekarang ini kita baru 1 sampai 10, supaya dinaikkan, ya kalau bisa standar WHO 10 sampai 30, kalau ada 1 orang (positif Corona) itu kita harus lakukan penelusuran 10 sampai 30 orang. Ini juga penting, termasuk juga penyediaan fasilitas, mereka yang terpapar Puskesmas maupun rumah sakit, tempat isolasi supaya disiapkan, diantisipasi. Ini kesiapan kita dalam menghadapi," katanya.

Wapres Ma'ruf juga mengajak masyarkat untuk mendukung program vaksinasi sebagai upaya membentuk kekebalan kelompok melawan virus Corona. Dia berharap proses vaksinasi COVID-19 dapat terlaksana dengan cepat.

"Mudah-mudahan dengan vaksinasi masal ini maka kekebalan kelompok bisa tercapai dengan cepat, sekaligus kita bisa mengakhiri, yaitu vaksinasi di Indonesia lebih cepat dari apa yang diperkirakan," kata dia.

TAG TERKAIT :
Ma'ruf Amin Wapres Ma'ruf Covid-19 Pandemi COVID-19 Lonjakan Virus Corona Lonjakan Corona

Berita Lainnya