News

Penangkaran Benih Lobster Ilegal Dibongkar Polisi di Trenggalek, 2 Tersangka Ditangkap

Aisyah Isyana - 15/06/2021 15:13

Beritacenter.COM - Praktik penangkaran benih lobster ilegal dibongkar polisi di Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek, Jawa Timur. Dari kasus ini, polisi mengamankan ribuan ekor benih lobster dan menangkap dua orang tersangka.

Adapun kedua tersangka yang diamankan, yakni WNT (33) dan RA (24), keduanya warga Desa Tasikmadu, Watulimo, Trenggalek. Ada sebanyak 35 ribu benih lobster jenis pasir dan mutiara yang diamankan polisi dari kedua tersangka.

Baca juga :

"Total keseluruhan benih lobster yang diamankan 35 ribu. Rinciannya 30 ribu jenis pasir dan 500 jenis mutiara," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko dalam jumpa pers yang digelar di Mapolda Jatim, Selasa (15/6/2021).

Pengungkapan kasus ini bermula dari adanya laporan masyarakat terkait adanya bisnis benih lobster ilegal. Lewat informasi itu, polisi kemudian melakukan observasi ke lokasi. Dari situ, barulah diketahui jika penangkaran benih lobster itu ternyata tak ada izin usahanya.

Selanjutnya, polisi melakukan penghadangan terhadap sebuah mobil Yaris bernopol AE 1291 PC berwarna merah, sekira pukul 05.00 WIB, Sabtu (12/6). Penghadangan terhadap mobil itu dilakukan lantaran dicurigai membawa benih lobster.

"Saat itu, mobil sedang melintas di Jalan Rejotangan, Tulungagung. Kemudian dilakukan penggeledahan dan ditemukan tiga buah styrofoam berisi benih lobster yang dibungkus plastik berisi oksigen," tutur Gatot.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan Pasal 29 Jo Pasal 26 ayat (1) UU nomor 11 tahun 2020 tentang perubahan atas UU nomor 45 tahun 2009 tentang Perikanan atau Pasal 88 Jo Pasal 16 ayat (1) UU nomor 3q tahun 2004 tentang Perikanan Jo Pasal 55 KUHP.

"Adapun ancaman hukumannya pidana penjara 6 tahun dan denda Rp 1,5 miliar," tandas Gatot.

TAG TERKAIT :
Polda Jatim Trenggalek Lobster Benih Lobster Baby Lobster Benih Lobster Ilegal

Berita Lainnya