Internasional

Pesawat Tempur Israel Lancarkan Serangan Udara di Gaza

Anas Baidowi - 18/06/2021 10:07

Beritacenter.COM - Pesawat tempur Israel kembali melancarkan serangan udara di Gaza semala dari Kamis (17/6) hingga Jumat (18/6) setelah gerilyawan di wilayah Palestina menerbangakan balon api ke Israel Selatan dan mengakibatkan kebakaran.

Penerbangan balon api yang dibalas serangan udara adalah kekerasan terbaru yang menambah tekanan pada gencatan senjaya yang rapuh antara Israel dan kelompok Hamas di Gaza yang mulai berlaku pada 21 Mei untuk mengakhiri 11 hari pertempuran sengit.

"Selama beberapa hari terakhir, balon api diluncurkan dari jalur Gaza ke wilayah Israel," kata militer Israel kepada AFP.

"Sebagai respon, jet tempur menyerang kompleks militer dan situr peluncuran roket milik organisasi Hamas," lanjutnya.

Wartawan AFP di Palestina juga melaporkan mendengar ledakan yang menurut militer menghantam situs-situs di Kota Gaza dan di Khan Yunis, di selatan Gaza, tempat tinggal bagi sekitar dua juta orang.

Segera setelah serangan itu, gerilyawan Hamas melepaskan tembakan dengan senapan mesin berat ke arah negara Yahudi itu dan sirene peringatan serangan udara Israel berbunyi.

Militan Palestina di Gaza meluncurkan balon untuk hari ketiga berturut-turut pada hari Kamis dan menimbulkan kebakaran. Demikian penjelasan petugas pemadam kebakaran Israel yang memerangi kobaran api yang dipicu oleh perangkat tersebut.

Balon adalah alat dasar yang dipakai untuk membakar lahan pertanian dan semak-semak di sekitar Gaza.

Setelah gelombang pertama balon api memicu kebakaran pada hari Selasa, militer Israel meluncurkan gelombang serangan balasan pada Rabu pagi.

Kemudian, ketika balon api terus berlanjut, angkatan udara meluncurkan serangan putaran kedua pada Kamis malam hingga Jumat dini hari.

Serangan udara minggu ini di Gaza adalah yang pertama di bawah pemerintahan baru Israel yang dipimpin oleh Naftali Bennett, yang koalisi ideologisnya berbeda dengan Benjamin Netanyahu.

TAG TERKAIT :
Gaza Palestina Berita Kriminal Indonesia Berita Center Israel Pesawat Tempur

Berita Lainnya