Nasional

Heboh! Matahari Terbit dari Belahan Utara, LAPAN Membenarkan

Lukman Salasi - 18/06/2021 12:43
Tangkapan layar dari video yang memperlihatkan Matahari terbit dari belahan utara.
FOKUS : Matahari

BeritaCenter.COM – Warga dibuat gempar dengan rekaman video yang memperlihatkan Matahari terbit dari Utara. Video ini diambil dari lokasi di Kabupaten Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan yang kemudian viral di media sosial.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin pun ‘membenarkan’ hal tersebut. Menurutnya, kejadian tersebut merupakan hal sebenarnya wajar.

"Itu adalah hal yang wajar karena pergerakan posisi Matahari akibat kemiringan sumbu rotasi Bumi," jelas Thomas, Jumat (18/6/2021).

Djamal berpesan agar kejadian itu tidak perlu dikaitkan dengan hal-hal aneh apalagi dikatikan dengan tanda-tanda kiamat. Djamal menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena setiap bulan Juni, posisi Matahari berada di belahan utara.

"Setiap tahun pada bulan Juni posisi Matahari berada di belahan utara. Terbitnya bukan di titik timur, tetapi bergeser mendekati timur laut. Pada tengah hari Matahari akan berada di arah utara. Nanti saat terbenam bukan pada titik barat, tetapi mendekati barat laut," jelasnya.

"Titik terbit tepat di timur, dan terbenam tepat di barat, terjadi pada bulan Maret dan September," sambungnya.

Enam bulan kemudian, tepatnya pada bulan Desember, titik terbit berada dekat titik tenggara, tengah hari Matahari di arah selatan, dan terbenam dekat titik barat daya. Djamal menyebutkan, pergerakan posisi Matahari akibat kemiringan sumbu rotasi Bumi juga mempengaruhi perubahan musim di bagian utara dan selatan.

"Saat ini belahan Bumi utara (mengalami) musim panas (Juni, Juli, dan Agustus). Sedangkan di belahan Bumi selatan musim dingin, dan di Indonesia kemarau," rinci Djamal.

Belahan Bumi selatan baru akan mengalami musim panas pada Desember, Januari, dan Februari, dan pada saat itu sebaliknya belahan Bumi utara mengalami musim dingin.

Dia menambahkan, fenomena seperti pada video yang viral itu tak hanya bisa disaksikan di daerah tertentu. "Seluruh Indonesia bisa menyaksikannya," tutupnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Matahari LAPAN Heboh Posisi Matahari Terbit Belahan Utara

Berita Lainnya