News

16 Penumpang asal Madura Positif COVID Usai Diswab di Pelabuhan Jangkar Situbondo

Aisyah Isyana - 18/06/2021 15:17

Beritacenter.COM - Satgas COVID-19 Situbondo masih terus melakukan pengawasan ketat terhadap pelabuhan penyebarangan antarpulau Jangkar. Pantauan dalam sepekan terakhir, terdeteksi ada 16 penumpang yang positif COVID-19.

Para penumpang yang diketahui berasal dari Madura dan pulau sekitarnya itu terdeteksi positif COVID-19, setelah dilakukan penyekatan dan tes swab massal. Tes swab akan dilakukan kepada penumpang yang baru mendarat dari kapal dan tak bisa menunjukkan bukti bebas Corona.

Baca juga : Gubernur Anies : Kita Anjurkan Warga Jakarta untuk Dirumah Saja Sabtu-Minggu Ini

"Dari tanggal 8 Juni higgga 15 Juni 2021, didapati 11 penumpang terpapar COVID-19. Sedangkan hari ini ditemukan 5 orang positif," ujar Perwira Pengendali Pos Pam Penanganan COVID-19 Kecamatan Jangkar Ipda Gatot pada wartawan Jumat (18/6/2021).

Gatot mengatakan, 5 orang yang terdeteksi positif COVID itu berasal dari Pulau Madura dan Bali. Mereka merupakan penumapng kapal penyebrangan antar pulau, khususnya Madura Kepulauan.

"Penumpang yang terdeteksi positif itu rinciannya 4 orang warga asal Madura, dan 1 orang warga dari Bali," papar Gatot.

Kareana tingginya temuan pasien positif COVID-19 di Pelabuhan penyebarangan Jangkar, pihak Satgas COVID-19 akan terus memperketat pengawasan terhadap penumpang yang baru turun kapal, maupun yang hendak berangkat ke Madura.

Untuk dapat menyebrang dan menaiki kapal, para penumpang wajib melakukan tes swab antigen di pelabuhan Jangkar. Kecuali jika sudah membawa surat bebas COVID-19 yang dterbitkan lembaga atau pihak setempat.

Tak hanya itu, para penumpang juga wajib menaati protokol kesehatan (prokes) ketat. Para penumpang wajib menggunakan masker, tidak berkerumun, serta menjaga jarak antar penumpang lainnya.

TAG TERKAIT :
Pelabuhan Jangkar Madura Virus Corona Satgas COVID-19 Satgas COVID-19 Situbondo Penyebrangan Antarpulau

Berita Lainnya