Kesehatan

Ini 10 Buah yang Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Baharuddin Kamal - 19/06/2021 01:00

Beritacenter.COM - Mengatur pola makan sehat merupakan kunci utama dalam menjaga kesehatan jantung. Makanan dengan lemak trans, lemak jenuh dan gula yang tinggi sudah pasti harus dihindari demi jantung yang sehat.

Namun, dari sekian banyak makanan yang menjadi pantangan bagi orang dengan penyakit jantung, banyak pula makanan yang boleh dikonsumsi dan baik untuk kesehatan organ vital ini. Salah satunya adalah buah.

Banyak kandungan penting dalam buah yang dapat membasmi kolesterol jahat dari dalam tubuh. Menurut penelitian, makan buah setiap hari selama 6 bulan dapat menurunkan kolesterol hingga 25%!

Jadi, dengan rajin mengonsumsi buah-buahan berikut ini, kolesterol jahat hilang, jantung pun lebih sehat! Yuk, simak daftarnya!

1. Aprikot
Buah yang baik untuk jantung pertama adalah buah aprikot. Aprikot memiliki nutrisi yang dapat memperkuat jantung seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K, kaya akan serat, kalium, dan karotenoid.

Vitamin C berperan dalam mencegah kerusakan jantung akibat radikal bebas. Kalium dapat menurunkan tekanan darah dengan melemaskan pembuluh darah dan arteri. Sementara karotenoid selain memberi warna pada buah aprikot, juga sebagai antioksidan.

Karotenoid mempunyai manfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Baik aprikot segar maupun yang kering, keduanya sama-sama berkhasiat untuk kesehatan jantung. Biasanya aprikot segar bisa dijadikan topping pada sereal kamu, Toppers.

2. Buah Beri
Buah yang tergabung dalam kelompok buah beri ini antara lain stroberi, bluberi, dan rasberi. Kelompok buah beri ini merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

Antioksidan pada buah ini mampu mencegah kerusakan sel, melebarkan pembuluh darah, serta menurunkan tekanan darah. Selain kandungan tersebut, buah-buah beri juga mengandung folat, mangan, serat, dan kalium.

Konsumsi tiga porsi buah beri setiap minggu diketahui mampu menurunkan risiko penyakit jantung hingga 32 persen.

3. Jeruk dan Jeruk Bali
Tak usah diragukan lagi, jeruk mengandung vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C, folat, kalium dan serat, yang semuanya bagus untuk kesehatan jantung. Selain bermanfaat untuk jantung, jeruk juga bisa menunjang sistem imun tubuh, Toppers.

Hampir mirip, jeruk bali mengandung vitamin C, kalium, kalsium, dan flavonoid. Buat kamu yang mengonsumsi obat penurun kolesterol yang mengandung statin, jeruk bali bisa menghambat kerja obat tersebut.

4. Kiwi
Buah yang punya manfaat baik untuk kesehatan jantung berikutnya adalah kiwi. Vitamin E dalam kiwi sangat penting untuk menghambat oksidasi kolesterol jahat (LDL).

Tak hanya vitamin E, kiwi juga memiliki vitamin A dan C serta serat dan magnesium yang tak kalah penting bagi jantung. Jangan salah dalam memilih buah ini sebab kiwi yang sudah agak lembek yang sebenarnya bagus.

Kiwi juga sangat mudah didapatkan karena biasanya tersedia sepanjang tahun.

5. Persik (Peach)
Bertumbuh baik di iklim tropis, buah persik atau peach juga masuk dalam daftar buah yang baik untuk kesehatan jantung, Toppers. Buah persik mengandung serat, kalium, dan vitamin C, vitamin E dan vitamin K.

Dalam buah persik juga terdapat senyawa fenolik yang bisa mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Seperti diketahui, kolesterol LDL berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Jadi, semakin rutin mengonsumsi buah persik, semakin sehat pula jantungmu.

6. Apel
Apel adalah buah berikutnya yang cocok dikonsumsi bagi yang ingin menjaga kesehatan jantung. Apel diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara signifikan, terutama pada wanita yang sudah menopause.

Apel mengandung serat larut air yang mampu menurunkan tekanan darah, ada juga polifenol dan flavonoid yang bisa menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung.

Apel kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K dan karotenoid yang juga ditemukan pada buah aprikot. Jika kamu tidak suka aprikot, kamu bisa memilih alternatif buah apel untuk menyehatkan jantungmu, Toppers.

7. Pisang
Kandungan vitamin B6 dan C, serat, magnesium dan kalium menjadikan pisang sebagai buah yang bagus untuk jantung. Menjaga detak jantung tetap normal serta menjaga tekanan darah tetap pada batas normal adalah peran kalium dan natrium yang terkandung pada pisang.

Tekanan darah terkontrol sama dengan terhindar dari hipertensi, artinya pisang mampu mencegah salah satu faktor pemicu serangan jantung.

Sangat banyak cara menikmati buah pisang karena rasanya yang manis. Bisa dimakan langsung, dijadikan smoothie, campuran yoghurt dan salad buah, dan masih banyak lainnya yang bisa kamu kreasikan sesukamu.

Pisang juga bagus dikonsumsi sebelum dan setelah olahraga. Olahraga merupakan salah satu langkah mencegah serangan jantung.

8. Blewah
Selanjutnya, blewah bisa jadi pilihan buah yang baik untuk jantung lainnya. Blewah memiliki kandungan yang sama dengan buah-buah sebelumnya, antara lain vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C, kalium, serat, dan folat.

Nutrisi baik ini berkontribusi dalam mengontrol tekanan darah dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Selain sebagai buah yang bagus untuk jantung, blewah juga bagus untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.

9. Pepaya
Pepaya memiliki senyawa beta-karoten yang bukan hanya dapat mengurangi risiko serangan jantung, tapi beta-karoten mampu mencegah penyakit kanker. Maka dari itu, buah pepaya sangat cocok untuk dijadikan pengganti makanan penutup.

Pepaya juga bisa kamu jadikan pengganti cemilan tengah hari. Selain pada pepaya, beta-karoten juga ditemukan pada jeruk dan melon.

10. Mengkudu
Peran utama yang menjadikan mengkudu buah yang baik untuk jantung adalah menurunkan tekanan darah. Kandungan xeronin, mineral, dan vitamin pada mengkudu mampu memperbaiki fungsi tubuh.

Selain itu, mengkudu juga kaya akan antioksidan. Antioksidan memainkan peranan penting dalam memperlebar saluran pembuluh darah. Pembuluh darah yang tidak lagi sempit dan keras, membuat aliran darah lebih lancar dan merata ke seluruh bagian tubuh.

Ketika saluran pembuluh darah sudah berfungsi dengan normal, tekanan darah menurun. Lalu risiko terkena penyakit kanker pun berkurang.

Itulah buah yang baik untuk kesehatan jantung yang bisa kamu konsumsi secara rutin jika ingin menyayangi jantungmu. Pola makan yang sehat tetap harus diimbangi dengan olahraga dan gaya hidup yang sehat pula.

Sebab banyak faktor pemicu penyakit jantung yang tidak hanya datang dari makanan. Ada baiknya kamu mencari tahu faktor penyebab penyakit jantung lainnya agar bisa benar-benar terhindar dari penyakit ini!

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan jantung Berita kesehatan

Berita Lainnya