Kesehatan

Ini Lima Dampak Buruk Mandi Malam Bagi Kesehatan Tubuh

Baharuddin Kamal - 22/06/2021 23:18
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Apakah Anda termasuk yang mempunyai kebiasaan mandi malam? Meski biasa dilakukan, hal ini bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan lho.

Seringkali, seseorang mempunyai alasan untuk mandi malam yang disebabkan oleh banyaknya aktivitas dari pagi hingga malam.

Itulah yang menyebabkan terpaksa mandi malam lantaran seharian tubuh tertempel oleh debu dan keringat.

Membiasakan diri untuk mandi malam dengan air dingin akan berdampak buruk pada kesehatan. Hal inilah yang sebaiknya Anda hindari. Lalu, dampak buruk apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Rematik

Dampak buruk yang disebabkan kebiasaan mandi malam yaitu memunculkan rematik. Rematik sendiri merupakan kondisi yang disebabkan oleh peradangan kronis. Hal ini menyebabkan seseorang merasakan nyeri pada sendi-sendi dan kekakuan sendi. Pada kasus yang serius, rematik bisa disertai pembengkakan, merah, dan terasa panas pada daerah yang nyeri.

2. Nyeri Otot
Selanjutnya, dampak buruk yang dapat terjadi akibat sering mandi malam yaitu nyeri otot. Sebab, saat mandi malam, membuat pori-pori terbuka. Hal inilah yang memicu masalah nyeri pada otot. Akibat yang ditimbulkan dari nyeri otot yakni rasa kaku, kram, tertarik, berat, atau lemah pada otot.

3. Pilek
Membiasakan mendi malam juga dapat menimbulkan pilek. Apalagi bagi Anda yang seringkali mempunyai alergi dingin. Tentu kondisi ini akan sangat menyiksa. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari mandi malam untuk mencegah dampak buruk yang terjadi.

4. Asam Urat
Asam urat juga akan mengintai Anda yang mempunyai kebiasaan buruk mandi malam. Asam Urat ini bisa ditandai dengan nyeri tak tertahankan serta ada rasanya panas di area persendian. Meskipun menyegarkan tubuh saat mandi malam, air dingin dapat membuat sendi-sendi terasa nyeri.

5. Osteoporosis
Osteoporosis merupakan kondisi tulang keropos yang disebabkan oleh berkurangnya kepadatan tulang. Gejalanya, Anda akan merasakan nyeri punggung, postur tubuh membungkuk dan mudah mengalami patah tulang.

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Berita kesehatan Mandi Malam

Berita Lainnya