Kesehatan

Ketahui 3 Gejala Serangan Jantung Pada Tangan

Anas Baidowi - 23/06/2021 06:57

Beritacenter.COM - Punya penyakit jantung bisa kita ketahui gejalanya dari tangan. WebMD mengungkapkan salah satu gejala serangan jantung adalah memiliki ruam bergelombang warna kuning orange di jari.

Hal itu menunjukkan kadar trigliserinda yang sangat tinggi, dimana kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan di sekitar buku-buku jari.

"Banyak lemak ini dalam darah mungkin berperan dalam pengerasan arteri anda," kata WebMD dilansir dari Express, Rabu (23/6).

Tingkat trigliserida tinggi diketahui berkontribusi pada risiko terkena penyakit jantung dan peredaran darah. Indikasi lain yang potensial dari penyakit jantung dapat dilihat dari kuku.

Jika secara tiba-tiba ada bintik hitam di bawah kuku, padahal tidak pernah terbentur, itu bisa menjadi tanda peringatan masalah jantung.

"Titik-titik kecil darah yang terperangkap di bawah kuku anda bisa menunjukkan infeksi pada lapisan jantung atau katup anda, yang disebut endokarditis," kata WebMD.

WebMD menambahkan bahwa jari biru atau abu-abu bisa menjadi indikasi masalah dengan jantung. Perubahan warna seperti itu bisa jadi akibat buruknya sirkulasi darah yang kaya oksigen.

Ini bisa disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah yang tersumbat, yang mana menjadi ciri khas penyakit jantung.

"Pola berenda, berbintik-bintik, ungu muncul ketika potongan-potongan plak kolesterol yang terbentuk pecah, lalu tersangkut di pembuluh darah kecil," catat WebMD.

"Anda mungkin mendapatkan bercak berdarah tepat di bawah kulit di bagian dalam tangan Anda ketika Anda menderita endokarditis," sambungnya.

Sementara itu, cara terbaik untuk meminimalkan risiko serangan jantung adalah makan dengan sehat, berolahraga, tidak merokok, dan menjaga tekanan darah serta gula darah tetap terkendali.

TAG TERKAIT :
Berita Center Jantung Berita kesehatan Gejala Jantung

Berita Lainnya