News

Arca Tanpa Kepala Ditemukan Warga Klaten saat Gali Septic Tank

Aisyah Isyana - 23/06/2021 19:50

Beritacenter.COM - Warga Desa Taskombang, Kecamatan Manisrenggo, Klaten, menemukan sebuah arca tanpa kepala saat menggali septic tank tiga tahun lalu. Arca tanpa kepala itu diduga merupakan arca dewa Siwa.

"Nemunya sudah tiga tahun lalu, tahun 2017 tapi ketahuan itu arca Siwa baru dua minggu ini karena ada arkeolog ke sini," kata penemu arca, Bukhori, saat ditemui di lokasi, Rabu (23/6/2021).

Baca juga :

Kala itu, Bukhori mengaku tengah menggali septic tank sedalam sekitar 2 meter. Namun, cangkul Bukhori membentur batu yang ternyata adalah arca.

"Arca yang kena cangkul saya. Dalamnya tanah sekitar dua meter, dulu juga ada batu-batu," ucap Bukhori.

Sementara itu, Ketua RT 3 Dusun Krajan, Desa Taskombang, Setyo, menyebut arca itu ditemukan BBukhori saat hendak membuat septic tank untuk tetangganya. Adapun lokasi septic tank ini berada di pekarangan kosong.

"Lokasi penemuan di pekarangan tetangga. Sebab tetangga takut, diamankan kakak saya, Bukhori," kata Setyo kepada wartawan.

Menurutnya, arca tanpa kepala itu berupa patung seperti orang duduk bersila. Hanya saja, bagian kepalanya sudah hilang dan sebagian tubuh arca-nya juga sudah rusak.

"Sebagian sudah rusak jadi tidak jelas. Selain arca ada beberapa batu mirip batu candi dan konon di dekat mata air ada batu-batu lainnya," papar Setyo.

Sementara itu, BPCB Jawa Tengah menyebut pihaknya masih belum bisa memastikan sosok arca yang ditemukan tersebut. Pasalnya, kondisi arca itu banyak mengalami kerusakan.

"Ini secara ikonografinya kalau tidak arca Siwa ya mungkin Wisnu. Ya karena kurang jelas fotonya dan sebagian ada yang mengalami kerusakan," tutur Pamong Budaya Madya Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng, Deni Wahyu Hidayat, hari ini.

Dari informasi yang didapat, jelas Deni, arca itu tidak ditemukan kepalanya. Dari foto yang diterimanya pun juga tak begitu jelas atribut arcanya. "Atributnya juga kurang begitu jelas," jelas Deni.

TAG TERKAIT :
Klaten Peninggalan Sejarah Arca Tanpa Kepala Arca Dewa Siwa

Berita Lainnya