News

Hati-hati! 16.000 Orang Gabung Teroris Siap Melakukan Aksi Teror

Anas Baidowi - 23/06/2021 22:16

Beritacenter.COM - Sebanyak 16.000 orang masuk dalam kelompok jaringan teroris yang siap melakukan aksi teror. Hal itu diungkapkan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat Bidang Penanganan Terorisme, M Najih Arromadloni.

Najih mengatakan, kelompok ini sangat menghawatirkan. " Yang teror saja yang sudah siap yang ada dalam kelompok Jamaah Islamiah itu anggota ada lebih dari 6.000," ujarnya, Rabu (23/6).

Dia menyebut angka itu diperoleh pada 2020 setelah pimpinan JI Para Wijayanto ditangkap Densus 88 Antiteror Polri pada 2019 di Kranggan, Bekasi, Jawa Barat.

Selain kelompok Jemaah Islamiah kelompok lain yang melakukan teroris adalah Jamaah Ansharut Daulah (JAD), Mujahidin Indonesia Timur (MIT), Jamaah Ansharut Tauhid (JAT). Setidaknya ada lebih dari 9.000 orang yang tergabung dalam kelompok tersebut.

"JI 6.000, digabung dengan JAD, MIT, JAT estimasi 16.000," jelasnya.

Angka itu belum termasuk orang yang berada di lapisan bawah yang belum dikategorikan siap melakukan teror. Dia menyebut pihaknya telah lama melakukan koordinasi dengan BNPT bahkan data tersebut juga berasal dari BNPT.

"Sudah koordinasi, itu pun sebetulnya data dari BNPT awalnya," katanya.

TAG TERKAIT :
Teroris Berita Kriminal Indonesia Berita Center BMKG

Berita Lainnya