News

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Hujan Abu Terjadi di Lereng Sisi Boyolali

Aisyah Isyana - 25/06/2021 10:26

Beritacenter.COM - Gunung Merapi terpantau kembali erupsi pagi ini. Tak hanya di sisi Sleman, hujan abu dampak erupsi juga terjadi di lereng sisi Boyolali, Jateng.

Adapun wilayah lereng Merapi sisi Boyolali yang turut terkena hujan abu, yakni diantaranya di Desa Sruni, Kecamatan Musuk. Namun, hujan abu di wilayah lereng Gubung Merapi sisi timur terpantau sangat lembut dan tipis.

Baca juga :

"Tadi pagi sekitar pukul 06.00 WIB, hujan abu," kata Suranto, warga Dukuh Rejosari, Desa Sruni kepada detikcom, Jumat (25/6/2021) pagi.

Hujan abu vulkanik Gunung Merapi itu terpantau banyak yang menempel di bodi motor dan mobil yang terparkir di luar ruangan.

"Saya tahu hujan abu juga dari sadel motor saya, ada bintik-bintik putih," ujar Dono Sapari, warga Dukuh Mlambong, Desa Sruni.

Untungnya, hujan abu tipis ini tak sampai mengganggu aktivitas masyarakat. Warga terpantau masih bisa melakukan aktivitas sehari-hari.

Pagi hari ini, Gunung Merapi terpantau 3 kali erupsi dan memuntahkan awan panas guguran sejauh 3 kiometer dan lava pijar ke arah tenggara. Selain awan panas, teramati pula guguran lava pijar mengarah ke tenggara.

"Terjadi 3 kali awan panas guguran di Merapi tanggal 25 Juni 2021 pukul 04.43 WIB," kata Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, dalam keterangannya, Jumat (25/6) pagi.

Aktivitas vulkanik Gunung Merapi itu membuat beberapa wilayah di Kabupaten Sleman jadi sasaran hujan abu. "Terjadi hujan abu tipis," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan, kepada wartawan.

TAG TERKAIT :
Sleman Bencana Alam Gunung Berapi Gunung Merapi Erupsi Merapi

Berita Lainnya