Internasional

Pasca Ambruknya Apartemen di Florida, 5 Orang Tewas, 156 Orang Masih Hilang

Aisyah Isyana - 27/06/2021 13:35

Beritacenter.COM - Korban tewas ambruknya gedung apartemen di negara bagian Florida terus bertambah. Saat ini, ada lima orang dilaporkan tewas, dan 156 orang lainnya masih belum ditemukan hingga saat ini.

Insiden ambruknya gedung apartemen itu terjadi pada Kamis (24/6) waktu setempat. Gedung apartemen itu berlokasi di tepi pantai, tepatnya di kawasan Surfside, dekat Miami, Florida, Amerika Serikat, seperti dilansir AFP, Minggu (27/6/2021).

"Hari ini tim pencarian dan penyelamatan kami menemukan mayat lain di puing-puing bangunan," kata Wali Kota Miami-Dade County Daniella Levine Cava.

"Itu berarti bahwa yang belum ditemukan sekarang turun menjadi 156, kematian yang dikonfirmasi sekarang menjadi total lima," katanya.

Sebagai bentuk belasungkawa, masyarakat setempat membangun tugu peringatan di sekitar lokasi ambruknya gedung apartemen. Mereka juga mengirimkan bunga dan menyalakan lilin, dan memasang sejumlah foto para korban yang masih hilang.

Sejauh ini, pihak berwenang dan para ahli masih belum menemukan penyebab runtuhnya gedung Champlain Tower South tersebut. Namun, laporan dari konsultan teknik yang sudah mempelajarai bangunan itu sejak 2018, ditemukan kerusakan struktural besar pada pelat beton dibawa lantai dasar kolam renang dan retakan yang cukup banyak di garasi parkir.

"Kegagalan untuk mengganti waterproofing dalam waktu dekat akan menyebabkan tingkat kerusakan beton meluas secara eksponensial," demikian peringatan laporan dari perusahaan Konsultan Morabito.

"Sebagian besar kerusakan mungkin disebabkan oleh paparan garam korosif selama bertahun-tahun di sepanjang pantai Florida Selatan," katanya.

Meski begitu, laporan itu tidak menunjukkan jika bangunan berusia 40 tahun itu berisiko runtuh. Namun, disebut perlu perbaikan guna mempertahankan integritas struktural.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menyetujui penetapan keadaan darurat di negara bagian Florida pasca insiden ambruknya gedung apartemen Camplain Towes South. Biden juga telah mengitruksikan agar bantuan federal disalurkan guna membantu upaya pemerintah negara bagian dan lokal menangani insiden tersebut.

"Tindakan presiden memberi wewenang kepada Departemen Keamanan Dalam Negeri, Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA), untuk mengkoordinasikan seluruh upaya bantuan bencana," demikian pernyataan Gedung Putih.

TAG TERKAIT :
Gedung roboh Florida Joe Biden Gedung Apartemen Ambruk Ambruknya Gedung Apartemen Apartemen Roboh

Berita Lainnya