Nasional

Begini Ganasnya Virus Corona Varian Delta

Lukman Salasi - 29/06/2021 10:40

BeritaCenter.COM – Virus corona varian Delta terbukti menular lebih cepat dari strain aslinya. Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Jatim, sekaligus Dirut RS Islam Surabaya (RSIS) A Yani, dr Dodo Armando MPh mengungkapkan ganasnya varian Delta.

Menurutnya, salah satu pasien Varian Delta hanya membutuhkan waktu 2 hari kemudian paru-parunya berubah drastis. Mulanya, pasien Varian Delta pada hari Kamis (24/6) datang dengan kondisi paru-paru bersih. Namun, pada hari Sabtu (26/6) sudah tidak terlihat, alias putih semua. Lalu hari berikutnya pasien meninggal dunia.

"Delta ini, paru-paru masihnya bersih, tidak ada bintik-bintik. Dua hari kemudian sudah putih semua. Itu dua hari. Dia masuk hari Kamis, Sabtu malam saya dilapori sudah putih. Minggu pagi meninggal dunia," kata Dodo di RSIS A Yani, Selasa (28/6/2021).

Jika paru-paru seseorang kondisinya sudah putih semua, lanjut Dodo, itu artinya sudah parah. Bahkan, diberi alat pernafasan ventilator pun tidak mampu membantu.

"Kalau paru2-parunya sudah putih semua, ya penuh itu, sesek. Di kasih ventilator ya tambah buntu. Biasanya imunnya sudah turun," ujarnya.

Dodo pun menjelaskan, dengan adanya vaksinasi, bisa membantu mencegah COVID-19.

"Makanya sekarang dibantu vaksin. Vaksin itu paling tidak membantu menambah imun kita," pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Corona Varian Delta Ganasnya Varian Delta Ketua PERSI Jatim

Berita Lainnya