Entertainment

Dapat Somasi soal Podcast 'Orang Gila Bebas Covid, Deddy Corbuzier : It's Ok, Saya Baca Dulu

Iya it's okay. Saya nanti tunggu baca somasinya dulu biar jelas karena kan belum dikirimkan

Aisyah Isyana - 30/06/2021 17:45

Beritacenter.COM - Persatuan Jiwa Sehat (PJS) dkk melayangkan somasi ke Deddy Corbuzier, lantaran keberatan dengan podcast berjudul 'ORANG GILA BEBAS COVID'. Menanggapi hal itu, Deddy mengaku akan membaca lebih dulu isi somasinya.

"Iya it's okay. Saya nanti tunggu baca somasinya dulu biar jelas karena kan belum dikirimkan," kata Deddy saat dihubungi, Rabu (30/6/2021).

Baca juga :

Sebelumnya, somasi itu dilayangkan PJS dan sejumlah organisasi penyandang disabilitas ke Deddy Corbuzier dan komika Mongool Stres, terkait podcast 'ORANG GILA BEBAS COVID' di akun YouTube Deddy Corbuzier. Di podcast itu, mereka menyoroti sebutan 'orang gila'.

"Sebutan 'orang gila' sudah tidak pantas digunakan untuk orang yang memiliki masalah kejiwaan. Penyebutan yang etis dan bermartabat adalah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)/Penyandang Disabilitas Mental (PDM)," demikian pernyataan PJS dkk dalam tayangan YouTube PJS, Rabu (30/6/2021).

Selain itu, PJS dkk juga menyebut bahwa ODGJ tak ada hubungannya dengan kekebalan terhadap COVID-19. PJS menyebut adanya pernyataan ODGJ sulit terpapar COVID-19 adalah pernyataan yang tidak benar.

"ODGJ/PDM tidak ada hubungannya dengan kekebalan terhadap COVID-19. Menganggap ODGJ/PDM sulit terpapar COVID-19 merupakan kesesatan ilmu pengetahuan dan logika berpikir karena telah memberikan informasi, data, dan fakta yang menyesatkan," katanya.

"ODGJ/PDM sama dengan orang-orang pada umumnya, dengan demikian sama rentannya untuk terkena COVID-19 sewaktu-waktu. ODGJ/PDM juga sangat membutuhkan vaksin COVID-19 dan akses medis lainnya untuk pencegahan serta penyembuhan terkait dengan COVID-19," lanjutnya.

Untuk itu, PJS dkk melayangkan somasi ke Deddy Corbuzier dan Mongol. Mereka juga meminta agar podcast di YouTube Deddy Corbuzier soal ODGJ dapat ditarik.

"Kami Perhimpunan Jiwa Sehat dan organisasi masyarakat sipil yang tertulis di bawah ini menyomasi Deddy Corbuzier dan Mongol agar dalam waktu 6x24 jam sejak somasi ini disampaikan melakukan tindakan-tindakan sebagai berikut," kata mereka.

"Satu, menarik unggahan berjudul 'ORANG GILA BEBAS COVID' dari kanal Youtube Deddy Corbuzier dan media lainnya di media sosialnya," lanjutnya.

Selain itu, PJS dkk juga meminta Deddy Corbuzier untuk menghentikan sirkulasi konten YouTube-nya oleh pihak lain, termasuk followers-nya. Menurutnya, konten terkait ODGJ itu terkesan mengolok-olok.

"Dua, mengupayakan secara serius untuk menghentikan sirkulasi konten tersebut oleh pihak- pihak lain, termasuk followers-nya, sebagai pertanggungjawaban atas kekeliruan, penghinaan, dan perilaku mengolok-olok yang sudah telanjur dilakukan," jelasnya.

Lebih lanjut, mereka juga meminta Deddy Corbuzier dan Mongol untuk meminta maaf. Mereka memastikan akan mengambil langkah hukum jika somasi itu tidak direspon.

"Tiga, menyampaikan permohonan maaf secara terbuka terkait podcast tersebut kepada seluruh ODGJ/PDM serta masyarakat, dan berjanji tidak mengulanginya lagi. Jika dalam batas waktu tersebut di atas tidak ada iktikad baik dari Deddy Corbuzier dan Mongol untuk melaksanakan somasi ini, kami akan melakukan upaya-upaya hukum," paparnya.

TAG TERKAIT :
Deddy Corbuzier Somasi Virus Corona Covid-19 Podcast Deddy Corbuzier Persatuan Jiwa Sehat Podcast Orang Gila Bebas COVID

Berita Lainnya