Bola

Kalahkan Swiss, Spanyol Siap Bertemu Italy di Semi Final

Dewi Sari - 03/07/2021 08:00

Beritacenter.COM - Spanyol berhasil mengalakan Swiss di ajang Euro 2020 dalam perempatfinal pada Jumat (2/7/2021) malam. Dengan itu, Spanyol berhasil melangkah ke Semi final akan melawan Italy yang berhasil menang melawan Belgia.

Spanyol berhasil mengalakan Swiss lewat adu pinalti dengan skor 3-1 di Stadion Saint Petersburg, Rusia, La Furia Roja.

Kedua tim harus melakoni babak adu penalti karena hingga babak perpanjangan waktu selesai, Spanyol dan Swiss bermain imbang dengan skor 1-1.

Pada menit ke-8 Spanyol sudah unggul lewat gol bunuh diri dari Denis Zakaria. Gol berawal dari Jordi Alba yang melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Akan tetapi tendangan Alba membentur Zakaria yang berada di area gawang Swiss, sehingga bola berubah arah dan masuk ke gawang.

Menit ke-16 Spanyol kembali mengancam gawang Swiss lewat tendangan bebas dari Koke. Namun bola hasil tendanganya masih sedikit di atas mistar gawang Swiss.

La Furia Roja nyaris unggul dua gol jika saja sundulan Cesar Azpilicueta tidak diamankan oleh kiper Swiss, Yann Sommer.

Di menit ke-33 giliran Swiss balik mengancam lewat tandukan Manuel Akanji. Akan tetapi bola sundulannya belum mengarah ke gawang Spanyol.

Memasuki babak kedua Spanyol langsung mengancam lewat sundulan dari Koke. Namun sundulan pemain Atletico Madrid itu masih terlalu tinggi di atas gawang Swiss.

Tak mau kalah, Swiss juga mengancam Spanyol melalui sundulan dari Zakaria yang masih melebar di sisi kanan gawang Spanyol.

Swiss kembali membuat peluang berbahaya. Kali ini melalui tendangan Steven Zuber yang masih bisa ditepis kiper Spanyol, Unai Simon.

Gol yang ditunggu-tunggu pun datang. Pada menit ke-68 Swiss berhasil menyamakan kedudukan lewat Xherdan Shaqiri yang sukses menjebol gawang Spanyol usai menerima umpan dari Remo Freuler.

Pada menit ke-77 Swiss harus bermain dengan 10 pemain usai Remo Freuler diberi kartu merah oleh wasit setelah melakukan pelanggaran Gerard Moreno.

Tidak ada lagi gol tercipta hingga wasir meniupkan peluit berakhirnya pertandingan. Skor imbang 1-1 membuat laga dilanjutkan lewat babak perpanjangan waktu.

Spanyol yang unggul pemain langsung mengurung pertahanan Swiss. Peluang pun mereka dapatkan melalui Moreno.

Namun bola hasil tendangan jarak dekat Moreno masih menyamping di sisi kanan gawang Swiss. Tak berhenti sampai di situ, tim asuhan Luis Enrique kembali mendapatkan peluang berbahaya melalui tendangan dari Alba. Akan tetapi tendnahanya masih bisa diselamatkan oleh Yann Sommer.

Tidak ada gol tercipta hingga babak perpanjangan waktu pertama selesai. Pun di perpanjangan waktu kedua. Baik Spanyol dan Swiss tidak juga mencetak gol.

Dengan begitu, pemenang dari pertandingan ini harus dilalui lewat tendangan adu penalti.

Dalam adu tendangan 12 pas ini Spanyol berhasil mengalahkan Swiss dengan skor 3-1. Hasil tersebut sukses mengantarkan mereka ke babak semifinal Piala Eropa 2020.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Sepak Bola Swiss Swiss vs Spanyol

Berita Lainnya