News

DKI Pecah Rekor Lagi Kasus Baru Corona, Wabub: Itu Karena Tes PCR

Anas Baidowi - 12/07/2021 22:27

Beritacenter.COM - Wakil Gubernur (Wabub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkap penyebab kasus baru Covid-19 di DKI Jakarta kembali memecahkan rekor. Kasus baru DKI mencapai 14.619 kasus, menurutnya tingginya kasus baru di Jakarta karena testing PCR yang dilakukan hampir 20 kali lipat dari standar WHO.

"Ya memang kalau melihat data positif hari ini meningkat ya sampai 14.619, ini rekor ya. Tapi perlu diketahui ini sebabkan salah satunya adalah karena memang tes PCR kita tertinggi, sudah hampir 20 kali dari standar yang ditentukan oleh WHO," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (12/7).

Politikus Gerindra itu menjelaskan, peningkatan testing, tracing, tretment (3T) memang menjadi tantangan yang berat saat pihaknya juga harus beriringan meningkatkan fasilitas di rumah sakit. Namun, kata Riza, cara 3T ini dirasa sangat tepat untuk menentukan kasus baru Covid-19 di Jakarta.

"Jadi inilah memang cara kai meningkatkan 3T, sekalipun memang cukup berat bagi kami untuk terus meningkatkan berbagai fasilitas mulai rumah sakit, tempat tidur, ICU, oksigen, obat-obatan, vitamin, dan terutama tenaga kesehatan yang tidak mudah, tidak bisa disulap begitu saja, karena harus memiliki kompetensi dan persyaratan khusus melalui proses yang tidak mudah. Untuk masyarakat, semakin banyak kita menemukan COVID di Jakarta, semakin cepat kita melakukan tracing, dan semakin cepat kita lakukan treatment," jelasnya.

Untuk diketahui, pemerintah memperbarui data penanganan pandemi virus Corona di Tanah Air. Hari ini kasus baru Covid-19 bertambah 40.427, pasien sembuh bertambah 34.754 orang, sedangkan yang meninggal dunia bertambah 891 orang.

Jumlah penambahan kasus Corona dan pasien sembuh hari ini merupakan yang tertinggi selama pandemi sejak Maret 2020.

Total kasus Corona yang ditemukan di Indonesia sejak Maret hingga hari ini mencapai 2.567.630 kasus. Untuk pasien sembuh dari Corona mencapai 2.119.478 orang. Sedangkan total pasien COVID-19 yang meninggal dunia berjumlah 67.355 orang.

Daerah yang hari ini melaporkan penambahan kasus baru terbanyak pertama adalah DKI Jakarta dengan 14.619 kasus. Diikuti Jawa Barat dengan 7.942 kasus dan Jawa Tengah dengan 2.928 kasus.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center DKI Jakarta Kasus Baru COVID-19

Berita Lainnya