Bola

Ini Alasan Donnaruma Tak Selebrasi Usai Gagalkan Pinalty Bukoyo Saka

Dewi Sari - 13/07/2021 19:00

Beritacenter.COM - Kiper andalan Timnas Italia, Gianluigi Donnarumma bermain bagus saat melawan Timnas Inggris dalam ajang Final Piala Eropa 2020. Donnarumma berhasil menepis 3 tandangan pinalti timnas Inggris. Donnarumma memiliki alasan sendiri tidak melakukan selebrasi.

Sebagaimana diketahui, performa gemilang berhasil ditunjukkan Donnarumma kala membela Gli Azzurri -julukan Timnas Italia- di final Piala Eropa 2020. Kala laga yang digelar di Stadion Wembley, London, Senin 12 Juli 2021 dini hari WIB itu harus ditentukan lewat adu penalti, Donnarumma berhasil memainkan perannya di bawah mistar gawang Italia dengan sangat baik.

Kiper berusia 22 tahun itu berhasil menggagalkan tiga tendangan dari lima eksekutor Inggris. Satu di antaranya adalah tendangan Bukayo Saka. Gelandang berusia 19 tahun itu diketahui ditunjuk sang pelatih, Gareth Southgate, sebagai eksekutor kelima Timnas Inggris di partai final.

Peran Saka pun kala itu sangat menentukan. Tetapi, dia nyatanya gagal melakukan pekerjaannya dengan baik karena tendangannya ke arah kiri gawang berhasil dibaca oleh Donnarumma. Alhasil, Italia langsung dipastikan juara Piala Eropa 2020 dengan skor 3-2.


Usai menggagalkan tendangan Bukayo Saka, Donnarumma ternyata tak melakukan selebrasi apa pun. Padahal, aksi penyelamatan luar biasanya kala itu sudah memastikan Italia menjadi juara.

Terkait hal tersebut, Donnarumma pun memberi penjelasan. Dia mengaku tak mengetahui skor dalam babak adu penalti tersebut. Alhasil, Donnarumma tidak menyadari bahwa aksinya menggagalkan tendangan Saka sudah cukup membawa Italia juara.

“Saya tidak merayakan penalti karena tidak menyadari bahwa kami telah menang,” ujar Donnarumma, sebagaimana dikutip dari Goal Internasional, Selasa (13/7/2021).

“Saya sudah down ketika Jorginho gagal mengeksekusi penalti dan saya pikir kami kalah, tetapi saya harus melanjutkan,” lanjutnya.

“Sekarang, dengan VAR, mereka selalu melihat kaki Anda karena Anda tidak bisa berada di depan garis, jadi saya menoleh ke wasit untuk melihat apakah semuanya baik-baik saja,” jelas Donnarumma.

"Lalu, saya melihat rekan satu tim saya datang ke arah saya dan semuanya dimulai dari sana. Saya tidak mengerti apa-apa!" tukas mantan kiper AC Milan itu.

 

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Sepak Bola Italy Donnarumma

Berita Lainnya