News

Belasan Warga Lembang Meninggal Saat Isolasi Mandiri Akibat Covid-19

Anas Baidowi - 15/07/2021 22:00
Ilustrasi

Beritacenter.COM - Tim pemulasaraan Jenazah Covid-19 Desa Lembang mengungkap data warga yang meninggal dan dimakamkan dengan protokol kesehatan Covid-19. Data saat ini sudah belasan warga Desa Lembang, Kecamatan Lembang, Bandung Barat meninggal saat melakukan isoman akibat Covid-19.

"Hingga saat ini kami sudah memakamkan lebih dari 10 pasien Covid-19 yang isoman dan meninggal dunia," kata Jyly Heryanto Anggota Tim Disinfektan dan Pemulasaran Jenazah Covid-19 Desa Lembang, Kamis (15/7).

Ia mengaku, enam hari lalu persediaan terakhir kantong jenazah sudah dipakai dan sekarang habis, bahkan mencari ke puskesmas pun juga tidak ada sehingga pihaknya terpaksa membalut jenazah Covid-19 dengan kain kafan.

"Karena kantong jenazah khusus habis, beberapa jenazah terpaksa dibungkus plastik bening. Ada satu jenazah yang dimakamkan dengan dibungkus plastik," tuturnya.

Ketua Tim Pemulasaraan Jenazah COVID-19 Desa Lembang, Kecamatan Lembang, KBB, Ade Juhaeri mengakui, sejauh ini sudah memakamkan sekitar 10-15 orang pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri. Kondisi saat ini, pihaknya memang kehabisan stok kantong jenazah akibat banyaknya warga yang meninggal.

Sehingga ada beberapa warga positif COVID-19 yang isoman lalu meninggal dunia, dimakamkan menggunakan plastik bening. Membungkus jenazah dengan plastik bening itu sesuai arahan tim medis. Tujuannya untuk mengurangi risiko penularan ke petugas dan ke warga serta keluarganya saat pemakaman.

"Warga isoman yang meninggal dunia ada sekitar 10-15 orang. Tapi kalau yang pakai plastik dimakamkannya ada seorang. Semoga kedepannya tidak terjadi lagi, karena Insya Allah kita akan dapat bantuan kantong jenazah," ucapnya.

TAG TERKAIT :
Warga bandung Lembang Covid-19 Isoman Meninggal saat isoman

Berita Lainnya