PBNU Imbau Warga yang Hendak Kurban Dapat Berdonasi ke Warga Terdampak COVID

Aisyah Isyana - 16/07/2021 11:40

Beritacenter.COM - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengeluarkan imbauan agar warga nahdliyin dapat mengalihkan dana kurban Idul Adha 1442 H. Ditengah kondisi pandemi saat ini, PBNU meminta dana kurban agar dialihkan untuk membantu warga terdampak COVID-19.

Adapun imbauan itu sesuai dengan Surat Edaran PBNU 4162/C.I.34/07/2021 pada nomor 5 poin C. Dimana dalam poin ini disebutkan jika pandemi COVID-19 telah menimbulkan dampak buruk di masyarakat, adapun salah satunya menimbulkan masalah sosial ekonomi.

Baca juga :

"Pandemi Covid-19 telah menimbulkan dampak buruk di masyarakat terutama timbulnya masalah sosial ekonomi," sebagaimana isi surat edaran yang dilihat, Jumat (16/7/2021).

"Oleh karena itu, PBNU mengimbau warga Nahdliyin yang memiliki kemampuan secara ekonomi agar mendonasikan dana yang akan belikan hewan untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19," sambung isi surat itu.

PBNU menerbitkan surat edaran itu pada tanggal 9 Juli 2021, atau pada 28 Dzulqa'dah 1442 H. Surat edaran itu turut ditandatangani Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Sekjen PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini, Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, dan Katib Aam PBNU KH Yahya Cholil.

Dalam poin di surat edaran itu, PBNU juga mempersilahkan warga yang berkemampuan lebih untuk tettap membeli hewan kurban dan juga membantu warga terdampak COVID-19.

"Warga Nadliyin yang memiliki kemampuan untuk bedonasi dalam rangka membantu penanggulangan dampak COVID-19, dan juga memiliki kemampuan untuk melaksanakan kurban dipersilahkan untuk melaksanakan keduanya," tulis surat edaran tersebut.

PBNU sebagaimana dalam surat edaran itu menyebut tempat-tempat yang dinyatakan aman dari COVID-19 oleh pemerintah setempat dan Satgas COVID-19, dapat menggelar Solat Idul Adha di masjid atau mushalla, namun dengan tetap menerapkan protokole kesehatan ketat.

Sementara untuk daerah dareah-daerah yang ditetapkan masuk dalam PPKM Darurat atau daerah dinyatakan tidak aman dari COVID (zona merah, zona oranye, zona kuning), maka salat Idul Adha 1442 H tidak diperkenankan digelar di Masjid/Mushala atau lapangan.

TAG TERKAIT :
PBNU Hewan Kurban Idul Adha Virus Corona Pandemi COVID-19 Warga Terdampak COVID-19

Berita Lainnya