Kriminal

Ungkap Jual-Beli Surat Antigen Palsu, Polisi Minta Penumpang Feri Tak Main-main!

Aisyah Isyana - 19/07/2021 17:15

Beritacenter.COM - Kasus jual-beli surat antigen palsu berhasil dibongkar jajaran Polsek Kawasan Pelabuhan (KP) Merak di Pelabuhan Merak, Banten. Adapun para pengguna surat antigen palsu itu mayoritas digunakan oleh sopir mobil pikap.

Terkait pengungkapan kasus ini, polisi mengimbau agar para penumpang atau pengguna jasa kapal feri yang hendak menyebrang ke Pelabuhan Bekauheni, tidak main-main dengan syarat yang telah ditetapkan untuk menyebrang.

Baca juga : Jual Surat Antigen Palsu, Pemuda di Pelabuhan Merak Banten Ditangkap

"Imbauannya jangan main-main karena surat edaran sudah ada dari Kemendagri juga sudah ada, surat edaran dari Satgas COVID juga sudah ada," kata Kapolsek KP Merak AKP Deden Komarudin kepada wartawan, Senin (19/7/2021).

Deden menyebut kasus surat antigen palsu ini telah dilimpahkan ke Satreskrim Polres Cilegon untuk diproses hukum lebih lanjut. Dari pengembangan yang dilakukan, polisi mendapati setidaknya 3 kasus surat antigen palsu di Pelabuhan Merak, sejak Minggu (18/7).

"Kejadian sekitar jam 03.00 WIB pagi. Tadi malam udah 2 kasus surat antigen palsu, kita proses juga. Semuanya sopir Mitsubishi pikap," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, polisi membongkar kasus surat antigen palsu, usai memeriksa surat keterangan bebas COVID-19 salah satu sopir yang menjadi syarat penyebrangan ke Pelabuhan Bekauheni, Lampung. Polisi mencurigai jika surat bebas COVID milik sopir itu palsu.

"Sewaktu saya menjaga di pos penyekatan itu diperiksa yang pertama surat antigen. Begitu ketika memperlihatkan surat antigen saya curiga karena stempelnya stempel scan-an," ujar Kapolsek KP Merak AKP Deden Komarudin kepada wartawan.

"Setelah saya tanya baru mengakui bahwa dia menggunakan surat antigen palsu hasil scan-an, bayarnya Rp 100 ribu untuk mendapatkan itu," sambungnya.

Alhasil, sopir itu kemudian dibawa petugas ke kantor Polsek KP Merak untuk diperiksa lebih lanjut. Dari keterangan yang diberikan sopir itu, polisi kemudian meringkus pelaku penjual surat antigen palsu.

"Saya tangkap langsung, tertangkapnya di penyekatan. Begitu dapat dibawa ke kantor, diminta keterangan mengakui kemudian pengurusnya namanya Sumade dipanggil ke kantor mengakui juga," pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Swab Antigen Palsu Polsek Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok Jual-Beli Antigen Palsu

Berita Lainnya