Opini

Jokowi Blusukan Saat Pandemi Dikritik

Indah Pratiwi - 20/07/2021 23:00
Oleh : Ainur Rofiq Al Amin
FOKUS : Jokowi

Jokowi blusukan memberikan bantuan ke masyarakat dikritik oleh beberapa pihak, baca: https://news.detik.com/…/blusukan-jokowi-saat-ppkm  dan https://nasional.tempo.co/…/blusukan-jokowi-dikritik…  Bagi saya, bagus sekali seorang pemimpin blusukan saat ini, karena :

1. Rakyat butuh tampilan pisik seorang pemimpin setelah sekian lama “terkurung”. Kalau pemimpin tampil tentu memberi harapan bahwa pandemi ini bisa diatasi. Pemimpin tidak harus “ngumpet” terus.

2. Kita makhluk sosial yang tetap butuh pertemuan pisik dan hubungan sosial. Kita bukan robot yang tidak punya perasaan. Kita juga bukan teroris yang biasanya eksklusif yang tidak suka menyapa tetangga, sukanya ngumpet di rumah, mau keluar rumah saat hendak ngebom.

3. Masalah dikhawatirkan Jokowi tertular, saya kira hal itu kita mengabaikan tim kesehatan presiden. Tim kesehatan tentu telah memperhitungkan kesehatan sebagaimana tim keamanan memperhitungkan keselamatan jiwa.

4. Andaikan nasib atau takdir bicara lain, yakni presiden positif, saya kira tetap baik saja. Justru menunjukkan vaksin yang telah disuntikkan mujarab walau positif tapi bisa diatasi dengan “kekebalan” dari vaksin. Jadi walaupun positif tapi tetap sehat, atau sakit tapi ringan dan sebentar serta sehat lagi. Ini rumus umum vaksin.

5. Sekali lagi, support pemimpin kepada rakyat agar beban psikologis berkurang adalah penting. Rakyat saat ini mengalami beban ekonomi dan beban sosial kemasyarakatan perlu disapa dan dikasih bantuan.

6. Kita butuh pemimpin yang pemberani, termasuk berani ambil resiko di saat sulit. Kita tidak butuh pemimpin yang penakut dan selalu disetir pihak lain yang ada di menara gading keilmuan tanpa berupaya terjun ke lapangan.

Sumber : Status Facebook Ainur Rofiq Al Amin

TAG TERKAIT :
Indonesia Jokowi Presiden Jokowi Jokowi Blusukan Jokowi Orang Baik Jokowi Presiden Ku Jokowi Orang Jujur Pembenci Jokowi Indonesia Pasti Bisa Lawan Covid-19 Jokowi Orang Tegas Jokowi Hadapi Covid-19 Jokowi Tetap Tegar

Berita Lainnya

LBP MENGGUGAT

Opini 24/09/2021 12:00