Kesehatan

Ini Sederet Buah yang Baik di Konsumsi Setelah Olahraga

Baharuddin Kamal - 22/07/2021 16:45
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Untuk mendapatkan kesehatan dan tubuh yang ideal, kita bukan cuma harus fokus pada olahraga. Asupan makanan sesudah olahraga juga harus jadi perhatian.

Alasannya karena saat olahraga, otot dan tubuh sudah bekerja keras sehingga perlu diberi makanan untuk pemulihan. Nah, menurut fitnea.com makanannya tidak boleh sembarangan. Salah besar kan kalau kita langsung makan berat setelah olahraga.

Yang paling benar, pilih buah dan sayur yang punya gula sederhana sehingga mudah dicerna, seperti 5 buah sehat dan segar di bawah ini,

1. Pisang
Pisang adalah yang buah paling terkenal baik dimakan setelah olahraga. Alasannya karena setelah olahraga, tubuh butuh karbohidrat untuk energi.

Nah, pisang terkenal jadi sumber karbohidrat yang paling baik. Kalorinya pun rendah sehingga membuat kita kenyang tanpa naik berat badan. Jadinya, olahraga kita tidak akan sia-sia.

2. Berry
Segala jenis berry mulai dari blueberry, stroberi, blackberry dan masih banyak lagi mengandung polifenol yang baik untuk sel tubuh.

Polifenol adalah yang melindungi sel tubuh terhadap kerusakan. Zat ini juga membantu mengurangi nyeri otot akibat olahraga yang hebat.

Bahkan, menurut ahli gizi kebugaran, makin gelap buah beri seperti blueberry atau blackberry punya antioksidan yang lebih banyak.

3. Cherry
Tak jarang setelah olahraga, sekujur tubuh terasa sakit. Nah, cerry bisa memulihkannya dengan memperbaiki jaringan otot aus

Cerry juga memainkan peran penting dalam mengurangi nyeri otot karena punya sifat anti-inflamasi.

4. Apel
Alasan utama mengapa apel baik dimakan setelah olahraga adalah karena jumlah kalori yang rendah dan jumlah gizi yang sangat tinggi.

Sebuah apel berukuran sedang menyumbang 25 gram karbohidrat. Selain itu, apel ukuran standar juga mengandung sekitar 14% asupan vitamin C harian.

Sayangnya, apel masih menduduki peringkat tertinggi dalam daftar buah rentan pestisida. Jadi, pastikan membeli yang organic.

5. Nanas
Keunggulan utama nanas adalah karena kandungan bromelain yang tinggi. Zat ini berfungsi mempercepat pemulihan otot dan sel yang terkuras karena olahraga.

Selain itu, secangkir potongan nanas mengandung sekitar 22 gram karbohidrat yang semuanya merupakan gula sederhana sehingga tubuh langsung kembali berenergi setelah olaharaga. Kandungan airnnya pun sampai 86% sehingga menghindarkan kita dari dehidrasi.

Jadi, kalau Anda hobi olahraga, pastikan mengonsumsi 5 buah sehat dan segar ini setelahnya, ya. Rasanya nikmat, tubuh juga ternutrisi.

TAG TERKAIT :
Berita Center Olahraga Buah Berita kesehatan

Berita Lainnya