Kesehatan

Inilah Obat Batuk Anak Yang Aman Dikonsumsi

Indah Pratiwi - 23/07/2021 08:30

Beritacenter.COM - Pilek dan batuk adalah kondisi yang cukup sering terjadi pada anak kecil. Sistem kekebalan tubuh mereka yang masih belum sempurna menjadi alasan mengapa penyakit lebih mudah menyerang mereka. Oleh karena itu, membantu anak untuk merasa nyaman dan mengelola gejala saat mereka alami batuk adalah hal yang penting. Orangtua juga harus jeli dalam memilih obat batuk anak yang tepat.

Umumnya, batuk biasa bisa berlangsung hingga dua minggu. Banyak batuk disebabkan oleh virus umum yang tidak ada obatnya. Namun jika batuknya parah atau disertai dengan gejala serius lainnya, solusi terbaik adalah memberikan mereka perawatan untuk membuat mereka merasa nyaman. Sebab istirahat cukup sangat mereka butuhkan untuk membantu mereka segera pulih.


Pilihan Obat batuk Anak Berbahan Alami


Pengobatan batuk harus bertujuan untuk menjaga anak tetap terhidrasi, merasa rileks, dan tidur nyenyak. Selain itu, perlu digaris bawahi bahwa pemberian obat batuk tidak dianjurkan untuk balita atau anak di bawah enam tahun. Mereka biasanya kurang aman dan kurang efektif untuk menghilangkan gejala mereka.

Obat kombinasi apa pun untuk mengobati lebih dari satu gejala cenderung memberi anak-anak lebih banyak efek samping dan meningkatkan risiko overdosis. Sementara itu, obat yang bisa diberikan untuk anak-anak terutama yang di atas satu tahun antara lain:

Madu

Madu adalah pemanis alami yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Madu juga memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu melawan infeksi sehingga bisa dikatakan ia adalah obat batuk anak yang aman. Untuk balita di atas satu tahun, kamu dapat memberikan sesendok madu sesering mungkin, akan tetapi perhatikan juga asupan gula yang menyertainya.

Kamu juga bisa mencoba mencampurkan madu ke dalam air hangat untuk memudahkan anak mengonsumsi madu. Ini memiliki manfaat tambahan lain untuk anak, yaitu membantu menghidrasi anak. Namun, madu tidak aman untuk anak di bawah satu tahun karena ini bisa meningkatkan risiko anak alami botulisme.

Pengobatan Rumahan Lainnya

Selain madu, ada beberapa pengobatan yang terbukti cukup ampuh untuk meringankan gejala batuk pada anak, antara lain:

Tetes Hidung Saline

Kamu dapat membeli obat tetes hidung yang dijual bebas di apotek, dan tetes hidung saline umumnya dianggap aman. Ia digunakan dengan alat suntik hidung tanpa jarum. Tetes garam di dalamnya dapat melunakkan lendir untuk membantu mengeluarkannya. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pada botol untuk memberikan obat tetes hidung dengan aman.

Jika tidak mungkin untuk memasukkan tetes kecil ini ke hidung anak, duduk di bak mandi air hangat juga dapat membersihkan saluran hidung dan melembutkan lendir. Kamu bisa menggunakannya sebelum tidur atau di tengah malam saat anak terbangun dengan batuk. Atau jika masih belum bisa menggunakannya, sering-seringlah meminta anak untuk berkumur air garam hangat.

Oleskan Balsem Gosok

Sebetulnya masih kontroversial apakah balsem gosok yang umumnya mengklaim mampu mengobati batuk dan pilek ini bermanfaat atau tidak berkat kandungan mentol di dalamnya. Banyak orangtua telah mengoleskan balsem ini di dada dan kaki anak-anak selama beberapa generasi, tetapi satu penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ternyata ia malah dapat meningkatkan lendir, yang dapat membahayakan saluran udara balita kecil.

Oleh karena itu, tanyakan kepada dokter anak sebelum menggunakan balsem gosok apa pun. Jika kamu menggunakannya, oleskan saja ke kaki anak, karena ini mungkin lebih aman daripada di dada tempat balita mungkin menyentuhnya dan kemudian terkena mata mereka. Selain itu jangan pernah menggunakan balsem gosok pada bayi di bawah dua tahun, dan jangan pernah meletakkannya di wajah atau di bawah hidung anak.

Gunakan Minyak Esensial

Produk herbal ini semakin populer dan beberapa mungkin efektif meredakan batuk atau nyeri otot saat dioleskan pada kulit atau disebarkan ke udara. Namun, selalu bicarakan dengan dokter sebelum menggunakan minyak esensial. Tidak semua minyak aman untuk balita, dan dosisnya tidak diatur.

Jadi dapat dikatakan bahwa obat batuk anak alami yang bisa diberikan hanyalah madu. Meski begitu, tetes hidung saline, balsem gosok, dan minyak esensial juga bisa dicoba.

TAG TERKAIT :
Obat Batuk Obat Obat Batuk Anak

Berita Lainnya